Beranda Praya Metro Batunyala Komit Wujudkan Pemekaran Desa Pepekat

Batunyala Komit Wujudkan Pemekaran Desa Pepekat

BERBAGI
TARNADI/RADAR MANDALIKA TUGU DUSUN: Inilah tugu dusun yang menjadi pintu masuk di tiga dusun di wilayah Desa Batunyala bagian barat.

PRATENG —Pemdes Batunyala, Kecamatan Praya Tengah berkomitmen memperjuangkan pemekaran Desa Pepekat. Hal ini bertujuan mempermudah pelayanan kepada masyarakat.
Kepala Desa Batunyala, H Harianto mengungkapkan, wacana pemekaran desa ini merupakan aspirasi dari tokoh-tokoh masyarakat. Hasilnya, sebagian besar menginginkan adanya pemekaran.
Dikatakannya, pemekaran Desa Pepekat sebenarnya sudah disuarakan sejak beberapa tahun lalu. Hanya saja, tidak ada tokoh yang memiliki keberanian untuk mengusulkan ke Pemdes. Sebab jika inisiatif itu muncul dari Pemdes, dikhawatirkan menimbulkan kesan negatif.
“Dari persyaratan sudah tidak ada persoalan. Di sana kan ada 2.500 KK di tiga dusun, yakni Dusun Tongkek, Pepekat Lauk dan Pepekat Daye,” ujarnya.
Menurut dia, sudah sangat layak Pepekat menjadi suatu desa. Oleh karena itu, ia sangat optimistis desanya bisa mekar di masa mendatang. Pemekaran ini pun tidak sekadar memisahkan satu wilayah dengan wilayah lainnya. Namun lebih dari itu, pemekaran merupakan upaya untuk memaksimalkan pelayanan. Sehingga dengan adanya pemerintahan tersendiri, masyarakat di tiga dusun tersebut akan lebih mudah dilayani.
“Prosesnya memang lama, tapi kalau tidak dimulai dari sekarang kapan lagi? Jika persiapannya memang sudah benar-benar lengkap baru kita sodorkan ke Pemkab,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here