Beranda Headline RCI Bantu Ratusan Tenda Khusus

RCI Bantu Ratusan Tenda Khusus

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA SERAHKAN : Tim dari RCI saat menyerahkan bantuan tenda keluarga dan diterima Penjabat Bupati bersama Sekda, di ruang kerja Penjabat Bupati, kemarin.

LOTIM – Tim Rotary Club Indonesia (RCI) Distrik 3410 dan Distrik 3420, memberikan bantuan tenda keluarga bagi pengungsi korban gempa bumi di Lombok Timur (Lotim). Tenda keluarga itu, jumlahnya 100 unit. Dari Rotary dalam memberikan tenda ini, memiliki kriteria khusus. Salah satunya, untuk ibu hamil, lansia, keluarga memiliki bayi dari umur 0 sampai 12 bulan, dan cacat mental atau cacat tubuh.
Presiden RCI Distrik 3420 Lombok Mataram, Hj Ace Robin mengatakan, tenda keluarga yang diberikan terhadap para korban bencana gempa bumi ini, tidak sekadar tenda. Akan tetapi, dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti peralatan tidur, hingga perlengkapan masak. Satu tenda, bisa dihuni 10 orang.
Tenda Rotary ini sudah dipasang di wilayah Kabupaten Lombok Utara (KLU). Selain berupa tenda, Rotary juga menerjunkan ambulans di wilayah Lotim dan KLU, untuk menjangkau masyarakat yang sulit dijangkau ambulans keliling. “Kami selalu hadir disetiap proyek kemanusiaan. Sebelumnya kami sudah salurkan logistik, dan sekarang berupa tenda. Bantuan sudah ditandangani Penjabat Bupati,” jelasnya. “Insya Allah tenda akan segera datang,” imbuhnya.
Ia tak memungkiri akan ada penambahan jumlah tenda Rotary ini. Namun, Rotary sedang melihat apakah ada kemungkinan untuk membangun rumah Hunian Sementara (Huntara), di luar Huntara yang memang diberikan pemerintah. “Kita masih lakukan penjajakan kemungkinan kita bangun Huntara,” tandasnya.
Pada kesempatan itu, Penjabat Bupati Lotim H Lalu Syafi’i mengungkapkan, RSI adalah Non Government Organisation (NGO) yang memiliki donor di seluruh dunia. Bahkan, RSI memberikan bantuan ke seluruh dunia. Kaitan dengan bantuan diberikan RCI tersebut, tujuannya membantu Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim, mempercepat proses pemulangan pengungsi. Dengan memberikan tenda keluarga yang dilengkapi peralatan tidur dan alat memasak lengkap.
Diharapkannya, RCI tidak sekadar bisa membangunkan masyarakat tenda keluarga. Tetapi bisa mengarah pada pembangunan Huntara. “Supaya tidak memunculkan perselisihan, yang menentukan kriteria adalah pihak RCI sendiri. Ada tim juga yang ditempatkan RCI di lokasi. Untuk Lombok Timur sendiri, prioritas tiga kecamatan, yakni Sembalun, Sambelia dan Pringgabaya,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here