Beranda Headline Ratusan Hotel Tutup Sementara

Ratusan Hotel Tutup Sementara

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA SEPI : Suasana depan pintu masuk Hotel Kila terlihat sepi pascagempa bumi yang terjadi beberapa pekan lalu.

Pegawai Ikut Dirumahkan

LOBAR —Pascagempa bumi yang menguncang Lombok beberapa pekan lalu, berdampak pada tingkat hunian penginapan di Senggigi. Kondisi itu turut berdampak terhadao pendapatan para pengelola hotel atau penginapan.
Berdasarkan data Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Lobar, dari 192 hotel, 117 diantaranya memilih tutup sementara. Sisanya masih memilih bertahan beroperasi, mengingat masih high season.
Kepala Bapenda Lobar, Hj Lale Prayatni mengatakan, penutupan sementara itu juga berimbas kepada para tenaga kerjanya. “Rata-rata pihak hotel terpaksa merumahkan sementara para pegawainya,” ungkap Lale, kemarin.
Namun, masih ada beberapa hotel yang memilih tetap beroperasi. Seluruh hotel di kawasan itu meminta adanya keringanan pembayaran pajak. Berupa penundaan pajak, pengurangan pajak hingga penghapusan denda pajak. Hal itu dianggap para pengelola hotel sebagai solusi kondisi dari tengah dihadapi saat ini. “Intinya kita harus bantu mereka, termasuk dengan pemberitaan bahwa Lombok sudah aman dari gempa. Dan juga bagaimana kita mempromosikan lagi wisata kita,” imbuhnya.
Mengenai permintaan keringanan itu, Lele mengaku masih melakukan pengkajian. Namun secara aturan, kebijakan keringanan itu dibolehkan. “Apalagi ini semua dampak bencana gempa,” ungkapnya.
Turunnya kunjungan wisatawan juga berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Lobar dari sektor pajak. Diprediksi Lobar akan kehilangan sekitar Rp 41 miliar PAD dari sektor tersebut.
Hotel yang masih bertahan adalah Kila dan Aruna. Menurut pengelola kedua hotel ini, pihaknya tetap beroperasi lantaran tingkat kerusakan akibat gempa, tidak mengkhawatirkan. Meski kunjungan tamu merosot drastis. Bahkan mencapai sekitar 50 persen, padahal high season. “Kita khawatir karena biaya operasional perbulan tetap kita keluarkan,” ungkap Manager Pemasaran Hotel Kila Senggigi, Fauzan Akbar. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here