Beranda Lombok Timur Penjabat Minta Data Kerusakan Dituntaskan

Penjabat Minta Data Kerusakan Dituntaskan

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA RAKOR : Penjabat Bupati Lotim didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) dan Forkompinda saat rakor percepatan penanganan gempa bumi, di Rupatama Bupati, kemarin.

LOTIM – Setelah Rapat Koordinasi (Rakor) pertama, sejak menjabat sebagai penjabat Bupati Lombok Timur (Lotim), HL Syafi’i langsung turun menyambangi para korban gempa bumi di Sambelia dan Sembalun. Kemarin, Syafi’i kembali memimpin rakor percepatan penanganan gempa bumi. Dalam Rakor itu, diungkapkan jika data kerusakan masih belum akurat. Sehingga, ia meminta data tersebut segera dituntaskan.
Penjabat Bupati Lotim, HL Syafi’i dalam arahannya mengatakan, data yang masih belum akurat harus dituntaskan, sehingga bantuan disalurkan tepat sasaran. Kaitannya dengan pemenuhan kebutuhan dasar korban, semua pihak terkait diharapkan agar mengembangkan jejaring. Dengan demikian, donasi dari berbagai pihak dapat dihimpun, dan disalurkan dengan optimal.
Ia juga menekankan pentingnya komunikasi dan koordinasi seluruh pihak terkait, guna mempercepat proses pemulihan. Syafi’i juga mengingatkan agar sarana bermain bagi anak-anak, harus disediakan. “Kedatangan musim penghujan juga harus segera diantisipasi, agar tidak muncul bencana baru,” jelasnya seraya mengingatkan untuk permintaan diterjunkan alat berat oleh pemerintah desa, agar bisa dicarikan solusi.
Mengenai kegiatan penanganan dampak gempa bumi, Penjabat Bupati yang juga Kepala Bakesbangpoldagri NTB ini terus ditingkatkan, untuk mengurangi penderitaan masyarakat. Terlebih, sejak beberapa waktu lalu mengemuka berbagai persoalan, terutama soal sanitasi, dan aliran listrik yang masih menjadi masalah disejumlah wilayah. “Guna menjamin sanitasi para pengungsi, BNPB sudah janji akan menyiapkan sanitaasi portable di lokasi pengungsian,” tegasnya.
Ia mengungkapkan, peringatan tahun baru Islam 1 Muharam 1440 Hijriyah, sebentar lagi tiba. Momentum 1 Muharam dimintanya, dapat dimanfaatkan baik. Utamanya untuk membangkitkan semangat masyarakat pascagempa menimpa. “Mari momen 1 Muharam, kita tingkatkan rasa kemanusiaan dan kesetiakawanan dalam diri kita sebagai masyarakat Lombok Timur,” ajaknya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here