Beranda Mataram Kelurahan Dasan Cermen Berlomba di Provinsi

Kelurahan Dasan Cermen Berlomba di Provinsi

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PENJELASAN: Lurah Dasan Cermen, Heny Suyasih menjelaskan berbagai potensi dan inovasi yang dimiliki Kelurahan Dasan Cermen saat penilaian lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018, kemarin.

MATARAM – Kelurahan Dasan Cermen, Kecamatan Sandubaya mewakili Kota Mataram dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tahun 2018. Penilaian oleh tim dari provinsi dilakukan, kemarin (6/9) di Kantor Kelurahan Dasan Cermen.
Wakil Wali Kota Mataram H. Mohan Roliskana mengatakan, Kelurahan Dasan Cermen layak untuk maju mewakili Kota Mataram. Dirinya sendiri telah berulang kali hadir ke Kelurahan Dasan Cermen dalam berbagai kegiatan yang diinisiasi oleh lurah setempat. Menurut pengamatannya, kinerja salah satu lurah wanita ini telah membawa hasil membanggakan. Serta sudah semestinya memberi inspirasi bagi lurah-lurah lain di Kota Mataram.
Kemampuan dan kematangan lurah dalam mengelola pemerintahan di wilayahnya, serta keberhasilan yang telah diraih didukung pula oleh TP PKK yang aktif dalam memberikan pendampingan dan edukasi kepada masyarakat. Sehingga semangat kolektif untuk bekerjasama sangat terasa. “Satu yang belum disampaikan, hasil rilis kajian dari peta bumi antara GIZ Jerman dan Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional, Dasan Cermen adalah wilayah di Kota Mataram yang paling aman dari gempa,” ungkapnya.
Sebelumnya, Lurah Dasan Cermen Heny Suyasih menjelaskan berbagai potensi dan inovasi yang dimiliki kelurahan berpenduduk 1.580 KK tersebut. Dikatakan, Kelurahan Dasan Cermen sampai saat ini telah berhasil meraih beragam prestasi dan penghargaan di tingkat kota maupun tingkat Provinsi NTB. Menurut hasil analisa Prodeskel Dirjen Bina Pemdes Kemendagri RI atas beberapa indikator potensi dan perkembangan sampai dengan tahun 2018, masuk dalam kasifikasi Kelurahan Swasembada Kategori Mula. Dan termasuk dalam kategori Cepat Berkembang.
Deretan inovasi yang telah dilaksanakan yaitu kegiatan Jaga Gawang atau Jaga Rawan Pagi dan Siang yang membantu kelancaran lalu lintas pada waktu-waktu rawan pagi dan siang, adanya Desa Paman atau Pangan Aman, Lorong Garden, Kampung Sakinah, KSM Cinta Bersih, Lembaga Adat Darul Islah, gerakan Beriuk Mancing. Sampai dengan terpilih sebagai salah satu kampung yang didampingi oleh pihak ketiga sebagai Kampung Berseri Astra karena dianggap memiliki pilar yang sama seperti yang dimiliki perusahaan pendamping dalam hal pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan lingkungan.
Sementara Ketua Tim Penilai Dr. H. Azhari meyakini, secara umum Kelurahan Dasan Cermen memiliki keunggulan yang masuk dalam item penilaian. Terkait dengan empat potensi, yakni sumber daya alam, sumber daya manusia, budaya, dan ekonomi, yang telah terinventarisir dengan baik. Selain itu intervensi anggaran untuk PKK juga harus benar-benar diperhatikan, karena saat ini sudah ada Perpres terkait bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui PKK.
Ditambahkan Azhari, tugas tim hanya satu. Pada intinya sesuai dengan amanat konstitusi bahwa bumi, air, dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara untuk dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Dengan lomba ini, tim juri yang berjumlah 21 orang bertugas untuk mengevaluasi, menilai, mendorong pemerintahan kelurahan dan masyarakat untuk dapat mengoptimalkan potensi yang ada di wilayah masing-masing. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here