Beranda Mataram Anak dan Orangtua Diberi Trauma Healing

Anak dan Orangtua Diberi Trauma Healing

BERBAGI

MATARAM —Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Mataram, bersama Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Mataram telah memberikan trauma healing bagi para pengungsi gempa. Sasaran DP3A adalah para ibu-ibu, sedangkan DKP menyasar anak-anak.
Kepala DP3A Kota Mataram, Hj Dewi Mardiana Ariany mengatakan, pihaknya sudah melakukan trauma healing ke Lingkungan Pengempel Indah, Bertais, Sanubaya. Selanjutnya akan dilakukan di wilayah dekat sungai Jangkuk, Kecamatan Sanubaya. “Di Jangkuk kemungkinan tanggal 16 September ini,” kata Dewi, kemarin.
Saat trauma healing, anak-anak diajak menggambar, dan diberikan pelayanan perpusatakaan. Begitu juga para ibunya, diajak bermain serta belajar bagaimana mengantisipasi stres ketika terjadi gempa. “Di Pengempel Indah ada 146 anak, dan ratusan orangtua yang ikut kegiatan trauma healing,” imbuhnya.
Setelah Pengempel Indah, lingkungan lain yang juga terdampak parah gempa akan didatangi tim trauma healing sesuai jadwal. Seperti Tegal, Gontoran, dan Kamasan. “Kita gabungan dengan perpustakaan. Harapannya, banyak OPD lain bisa berperan agar anak-anak kembali beraktivitas seperti biasa,” jelasnya.
Ditambahkan, trauma healing dilakukan untuk menghilangkan trauma dari para anak-anak dan orantua akibat gempa yang berkepanjangan. Sekaligus membantu meringankan psikis warga dari segi mental, sehingga bisa kembali beraktivitas seperti sebelum gempa.
Kepada para orangtua juga diajak senam, bermain menggunakan bola, dan alat hulahop. Diberikan juga penguatan dari sisi psikologis agar warga bisa melakukan antisipasi ketika terjadi gempa. “Kegiatan dilakukan disela-sela kesibukan mereka, agar tidak terus menerus merenungi nasib,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here