Beranda Headline Warga Guntur Macan Butuh Huntara

Warga Guntur Macan Butuh Huntara

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA MASIH DI PENGUNGSIAN: Para pengungsi di Desa Guntur Macan masih menetap di pengungsian, kemarin.

LOBAR —Sudah hampir sebulan lebih warga Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunung Sari tinggal di pengungsian. Kini para pengungsi meminta bantuan hunian sementara (Huntara), agar dapat kembali kembali beraktifitas. Hal itu disampaikan warga melalui kepala desa setempat saat kunjungan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, kemarin.
Menurut Kepala Desa Guntur Macan, H Murni, Huntara dirasa sangat diperlukan. Lantaran musim penghujan yang semakin dekat. “Kami sudah berada di sini sama sebulan lebih. Kalau hujan akan datang terus diiringi banjir, kami akan berteduh kemana,” tanyanya.
Selain itu, para pengungsi mulai terserang beberapa penyakit. Mulai dari gata-gatal, diare hingga malaria. Meski demikian, dirinya bersyukur dengan adanya bantuan dari Partai Gerindra. Bahkan bakal calon Presiden Prabowo Subianto akan membantu warganya di bidang pertanian muapun perkebunan. “Insya Allah dia (Prabowo) akan membantu kita,” ucapnya.
Mengenai bantuan dari pemerintah pusat untuk hunian, Murni mengaku jika sudah ada verifikasi yang dilakukan pemerintah. Hanya saja hingga kini para pengungsi belum menerima bantuan perbaikan rumah, sesuai tingkat kerusakannya. “Sampai sekarang ini kita masih dijanjikan, tapi yang terealisasi belum ada. Huntara ini saja kita belum tahu,” pungkasnya.
Sementara anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi Gerindra, Wilgo Zainar mengatakan jika kedatangan Prabowo untuk melihat secara langsung kondisi para pengungsi. Terkait dengan permintaan Huntara warga setempat, Wilgo mengatakan jika hal itu juga menjadi program pemerintah. Bahkan, ia berjanji akan mengadakan rapat dengan Menteri Sosial (Mensos) untuk mendorong percepatan pemulihan. “Huntara adalah salah satu solusi transisi,” katanya.
Kader DPC Partai Gerindra Lobar, Hj Nurhidayah mengaku belum mengetahui detail besaran kemungkinan bantuan huntara tersebut. Namun ada kemungkinan pihaknya akan melakukan pendataan bagi warga penerima bantuan huntara tersebut. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here