Beranda Headline Ketua BPPD NTB Diminta Mundur

Ketua BPPD NTB Diminta Mundur

BERBAGI

MATARAM – Kisruh pencalonan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Fauzan Zakaria di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, kini jadi sorotan publik. Bahkan yang bicara dari kalangan pemerhati pariwisata.
Dari langkah yang diambil Fauzan, para permerhati menuding Fauzan telah merusak citra pariwasata NTB dengan terlibat dalam kancah dunia politik. Sementara posisi BPPD merupakan suatu badan yang dibuat oleh pemerintah daerah yang fokus berbicara dan melakukan promosi pariwisata NTB. Dengan ikut nyaleg melalui partai Nasional Demokrat (NasDem) itu, sementara dirinya masih sebagai ketua.
“Fauzan harus mundur kalau nyaleg, jangan bersikap ambigu,” sentil pedas Ketua Forum Peduli Pariwisata NTB, Suaeb Qury di Mataram, kemarin.
Suaeb mengatakan, dalam konteks ini Fauzan harus mengambil sikap salah satunya, apakah mau jadi politisi atau menjadi pelaku pariwisata. Menurut dia, ketika BPPD NTB dibawa oleh politisi kecenderungannya pariwisata akan dipolitisasi. Untuk menghindari kecurigaan itu, Suaeb minta agar Fauzan memilih salah satu.
“Kalau mau jadi politisi ia harus jadi politisi dong atau sebaliknya,” sentilnya lagi.
Dalam hal ini, jika Fauzan ngeyel ogah mundur dari jabatannya yang mana didanai oleh anggaran pemerintah, maka Komisi Pemilihan Umum (KPU) diminta agar mencoret Fauzan dan tidak menjadikannya sebagai Daftar Calon Tetap (DCT). Terhadap hal ini, semua pihak telah melihat satu masalah besar dengan ditetapkannya sebagai Daftar Calon Sementara (DCS), sebab jika sudah menjadi DCS berarti telah Memenuhi Syarat (MS).
“Sementara Bawaslu saja tidak membolehkan karena aturan. Kalau tidak mau mundur ia KPU harus mencoret dong,” pintanya.
Selaku pengamat pariwisata, pihaknya mengaku sangat prihatin bilamana KPU bisa meloloskan Fauzan menjadi salah satu calon legislatif. Suaeb lantas mempertanyakan keseriusan pengembangan pariwisata NTB ketika badan promosinya saja berkiprah sebagai politisi.
“Pokoknya kami minta Fauzan mundur atau KPU coret dia,” pintanya tegas.
Sementara itu Ketua BPPD NTB, Fauzan Zakaria yang dikonfirmasi koran ini menanggapi santai. Dia mengaku, kendati ikut nyaleg namun dirinya tetap sebagai pejuang pariwisata.
“Saat ini saya memilih sebagai pejuang pariwisata,” katanya, tadi malam. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here