Beranda Praya Metro Kecamatan Tak Langkahi Kewenangan Kades

Kecamatan Tak Langkahi Kewenangan Kades

BERBAGI

BKU —Sekcam Batukliang Utara, Kaharudin menjelaskan, dalam pemberian bantuan logistik dari posko penanganan bencana oleh Pemkab Loteng maupun dari umum kepada korban bencana, pihaknya tetap berkoordinasi dengan kepala desa. Hal ini bertujuan agar tidak melangkahi kades selaku pejabat tertinggi di desa.
“Kami tidak membuat regulasi khusus menyalurkan bantuan hanya melalui Sekdesnya, tapi bentuknya kebijakan camat agar lebih banyak berkomunikasi dengan Sekdes terkait penyaluran logistik,” ujar Kahar, kemarin.
Ia menyampaikan, terkait koordinasi dengan Kades, pihaknya wajib melakukannya, terlebih terkait penanganan pasca gempa dengan droping bantuan langsung. Hanya saja, untuk menjaga image di masyarakat dan tidak terkesan dijadikan alat kampanye, pihak kecamatan lebih banyak berkomunikasi dengan Sekdes.
“Dalam musim politik ini kan kita juga mesti jaga kondusifitas. Apalagi membuat rival kades berprasangka negatif kepada petahana,” tandasnya.
Hal ini penting ia klarifikasi agar tidak diinterpretasikan negatif oleh Kades yang masih menjabat saat ini dan tidak berpikir bahwa kewenangannya dilangkahi. Di sisi lain, bantuan yang diberikan melalui desa sangat baik jika penyalurannya diembankan melalui pemerintah desa.
“Semua elemen khususnya di pemerintah desa sangat pas dalam menyalurkan sendiri ke warga, terlepas dari perkiraan adanya unsur kepentingan tertentu. Ini yang kami harapkan,” ajaknya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here