Beranda Praya Metro Kades Beraim Segera jadi Tersangka

Kades Beraim Segera jadi Tersangka

BERBAGI
ILUSTRASI

PRAYA — Karir politik kepala desa (Kades) Beraim, Kecamatan Praya Tengah inisial HB terancam berakhir. Sebab, dalam waktu dekat ini, Polres Loteng akan menetapkannya menjadi tersangka atas kasus dugaan korupsi ADD bahkan DD yang melilitnya.
Dalam menetapkan status HB jadi tersangka, didasari kerugian negara yang muncul pasca tim badan pemeriksa keuangan (BPK) turun melakukan audit. Total kerugian negara diduga akibat perbuatannya Rp 520 juta.
“Kami terget dua minggu sudah menetapkan Kades menjadi tersangka,” terang Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles P Girsang, kemarin.
Rafles menegaskan, kasus Beraim ini menjadi sekala prioritas untuk dituntaskan tahun ini. Karena sesuai hasil audit BPK sudah terbukti bahwa Kades melakukan tindak pidana korupsi di sejumlah program desa tahun 2016. Di antarnya, paket proyek yang sumber dari aspirasi Dewan diklaim menggunakan uang desa. Sementara, anggaran di desa diduga ditilapnya. Angka dana paket aspirasi itu, Rp 80-90 juta persatu paket. Selain permainan di harga material dalam pengerjaan proyek di desa.
“Ada proyek yang nilainya hanya Rp 50 juta tapi dalam kwitansi ditulis Rp 70 juta dan lain sebagainya,” beber Refles.
Sebenarnya, hasil pemeriksaan penyidik sendiri di lapangan tidak jauh beda dengan hasil hitungan dari BPK. Namun temuan itu, belum lengkap jika BPK yang mempunyai wewenang belum turun melakukan audit kala itu.
“Kalau untuk saksi sudah semua kami periksa,” tuturnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here