Beranda Praya Metro Gedung Pengolahan Buah-Buahan Pancor Dao Mangkrak

Gedung Pengolahan Buah-Buahan Pancor Dao Mangkrak

BERBAGI
ILUSTRASI

BATUKLIANG —Gedung pengolahan buah-buahan dan sayur di Dusun Pancor Dao, Desa Aik Darek mangkrak. Sejak diresmikan beberapa tahun lalu namun gedung tersebut tidak difungsikan. Hal ini pun menjadi buah bibir di tengah masyarakat, termasuk pemerintah desa setempat.
“Karena tidak digunakan, sekarang sudah banyak hewan liar masuk ke gedung itu,” ujar Pjs Kades Aik Darek, H Subli kepada Radar Mandalika, kemarin.
Ia menerangkan, gedung pengolahan buah dan sayur ini mulanya berdiri pasar tradisional. Meski lokasinya tidak strategis, namun animo masyarakat berjualan cukup tinggi.
“Makanya udah kadung dibangun ya harus dimanfaatkan. Paling tidak untuk pemberdaan masyarakat, khususnya di Batukliang dan Batukliang Utara yang merupakan sasaran pembinaan,” sarannya.
Sementara itu, Kadis Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Loteng, H Saman menjelaskan, gedung tersebut belum memanfaatkan karena alasan anggaran. Namun ke depan ia berjanji bakal mengakomodir para pelaku usaha yang bisa bekerja di gedung tersebut.
Di sisi lain, gedung dan pemanfaatannya gedung tersebut awalnya kewenangan Balai Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Loteng, bukan Disperindag. Namun setelah ada pengalihan wewenang untuk pemanfaatan gedung itu, ia memastikan bakal memberikan perhatian khusus ke depannya.
“Jika sudah seperti ini, kita mulai berpikir untuk mendata ulang para pekerja, termasuk pengemasan produk, hingga pemasarannya nanti,” tandasnya. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here