Beranda Lombok Utara PUPR Tawarkan RISHA

PUPR Tawarkan RISHA

BERBAGI
Ahmad Rohadi/Radar Mandalika Kuswara

KLU —Kementerian PUPR tengah mengembangkan rumah ramah gempa yang menggunakan teknologi rumah instan sederhana sehat (RISHA). Teknologi ini menggunakan panel knock down, sehingga mudah dipasang dan lebih cepat dalam penyelesaiannya.
“RISHA telah diteliti sejak 2002 dan dilaunching pada 2004 lalu,” ungkap Kepala Balai Litbang Tata Bangunan dan Lingkungan Kementrian PUPR, Kuswara.
Ia menyampaikan, dalam proses pembangunan RISHA ini ada beberapa tipe yang bisa dibangun masyarakat, diantaranya tipe 18 dan tipe 36. Dimana untuk tipe 18 ini dengan dinding dan atap lengkap ditaksir menghabiskan kurang lebih Rp 42 juta. Sementara tipe 36 bisa mencapai di atas Rp 50 juta.
“Kalau di Lombok kita tidak bisa prediksi berapa tepatnya, karena menyesuaikan dengan harga material yang ada di sini,” ujarnya.
Namun demikian sebagai bentuk penghematan dalam membangun RISHA ini masyarakat disarankan untuk memanfaatkan sisa material bangunan yang masih dapat berfungsi. Misalnya pintu kusen jendela, atap seng dan material lainnya yang masih utuh. Dimana rumah RISHA ini bisa juga menggunakan triplek sebagai dindingnya, namun biasa yang dibangun kementrian PUPR menggunakan tembok batako dengan campuran yang terukur.
“Kami sudah membangun contoh RISHA di Kecamatan Bayan pada tahun 2009 lalu dan terbukti masih bertahan sampai saat ini,” ungkapnya.
Sementara itu, kaitan dengan pasar pembangunan RISHA di Indonesia telah tersebar di beberapa daerah yang pernah terjadi gempa besar. Seperti di Aceh, yang mana di lokasi itu telah terbangun RISHA sebanyak 10 ribu unit. Begitu juga di Jogjakarta sudah ada ribuan unit RAISHA.
“Untuk kekuatan RISHA ini sudah kita uji. Pada zona kegempaan 6 saja, RISHA masih bisa bertahan,” ucapnya bangga. (cr-dhe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here