Beranda Mataram Pelayanan RSUD Mataram Masih di Tenda

Pelayanan RSUD Mataram Masih di Tenda

BERBAGI
RIRIN/RADAR MANDALIKA MASIH DI TENDA: Pelayanan RSUD Kota Mataram masih dilakukan di bawah tenda darurat, kemarin.

MATARAM —Pelayanan di RSUD Kota Mataram masih dilakukan di bawah tenda darurat, yang terpasang di halaman rumah sakit milik Pemkot Mataram itu. Tenda darurat digunakan sebagai antisipasi terjadinya gempa susulan yang akan membuat pasien panik. Tetapi, tidak mengurangi sisi pelayanan prima rumah sakit.

Kasubbag Humas RSUD Kota Mataram, Lalu Hardiman memastikan, pelayanan tetap sama. Hanya untuk sementara ditempatkan di tenda-tenda, termasuk pelayanan rawat jalan. “Di sini juga ada kontainer sebagai ruang perawatan,” katanya, kemarin.
Sebelum gempa Minggu (19/8) lalu, ruangan di gedung RSUD Kota Mataram sempat ditempati pasien. Namun karena gempa kembali berulang, pihak RSUD kemudian memindahkan pelayanan ke tenda darurat di halaman. “Supaya pasiennya juga tenang,” imbuhnya.
Sementara untuk pelayanan rawat jalan, tetap dilakukan di dalam gedung. Alasannya, ruangan pelayanan rawat jalan dianggap kondusif. Dalam waktu dekat, pihak RSUD Kota Mataram sudah mempersiapkan kembali pelayanan, baik rawat jalan maupun rawat inap ke ruangan. Mengingat tidak ada lagi ancaman gempa susulan.
Meski terdapat kerusakan pada dinding bangunan, tidak terlalu parah, hanya retak. “Karena masih direnovasi sedikit. Selain di UGD dan Graha Mentaram, nanti akan ditempatkan pasien di dalam ruangan,” ungkapnya.
Pelayanan prima juga dilakukan dengan memberikan trauma healing. Dengan permainan bagi pasien anak-anak, ceramah, serta pemberian motivasi kepada pasien. “Kita tetap memotivasi pasien dan keluarganya,” kata Hardiman.
Dari segi kenyamanan, disadarinya bahwa pasien belum merasa nyaman berada di tenda. Siang hari akan kepanasan walaupun sudah ada alat pendingin, dan pada malam harinya kedinginan. “Kita usahakan semoga secepatnya biar masuk ruangan. Mudah-mudahan tidak terjadi gempa lagi. Aman dan kondusif,” tutupnya. (cr-je/r3)

BERBAGI
Artikel sebelumyaPembersihan Bangunan Jangan Molor
Artikel berikutnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here