Beranda Praya Metro Kerembong Maksimalkan Irigasi Tersier

Kerembong Maksimalkan Irigasi Tersier

BERBAGI
ILUSTRASI

JANAPRIA —Sebagai desa pertanian, Pemerintah Desa Kerembong, Kecamatan Janapria setiap tahun memperbanyak perbaikan saluran irigasi tersier dengan penalutan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan produkstifitas petani.
Kades Kerembong, Suhirmayadi mengatakan, program ini sejak lama diharapkan warga. Pasalnya, program ini sangat mendukung produktifitas petani saat bercocok tanam. Seperti tahun ini, dilakukan di tiga titik dengan cara memperbaiki saluran baru. Ketiga titik tersebut yakni di Dusun Juring Timur dengan anggaran Rp 40 juta, Kerembong Timur Rp 15 juta dan Dusun Montong Nangka dengan anggaran sebanyak Rp 16 juta.
“Ini juga sebagai tindak lanjut program tahun lalu. Karena setiap tahun kita lakukan program perbaikan saluran irigasi ini,” ungkapnya.
Ditambahkan, dengan banyaknya program seperti ini tidak lantas membuat semua saluran irigasi di desanya baik. Sebab dari usulan warga, masih banyak yang belum maksimal. Untuk itu, tahun depan Pemdes akan kembali berencana menggelontorkan dana lebih banyak lagi melalui Dana Desa (DD) agar secara umum keluhan petani soal kesulitan air irigasi ini dapat teratasi.
“Kita berharap dengan saluran irigasi yang baik, debit air tidak terbuang sia-sia seperti sebelumnya,” harapnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here