Beranda Lombok Barat Kabupaten Semarang Peduli Korban Gempa

Kabupaten Semarang Peduli Korban Gempa

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA SALURKAN: Pemkab Lobar dan DPRD Lobar menerima bantuan dari Pemkab Semarang dan DPRD Kabupaten Semarang di Kantor DPRD Lobar, kemarin.

LOBAR —Kepedulian terhadap korban bencana gempa di Lombok, termasuk di Lombok Barat (Lobar) masih terus berdatangan. Tidak hanya dari kalangan relawan dan beberapa yayasan saja. Namun juga dari pemerintah daerah lain bersama masyarakatnya.
Seperti dilakukan Pemerintah Kabupaten Semarang. Bersama DPRD Semarang, pemda bermotto, Kota Bumi Serasi ini menyerahkan bantuan bagi pengungsi kepada Pemkab Lobar, kemarin. Penyerahan bantuan dilakukan Wakil Bupati Kabupaten Semarang, bersama ketua DPRD di Kantor DPRD Lobar. Terdiri dari beras 5 ton, 250 lembar selimut, terpal 75 lembar, biskuit 33 box dan 450 paket makanan ringan untuk anak-anak dengan total nilai Rp 80 juta.
“Bantuan ini bersumber dari kalangan ASN Pemkab Semarang, DRPD, relawan, masyarakat, BUMD dan perusahaan,” jelas Wakil Bupati Kabupaten Semarang, Ngesti Nugraha selepas penyerahan.
Ia mengatakan, bantuan ini bentuk empati pihaknya dan masyarakat Kabupaten Semarang terhadap korban gempa. Baik yang ada di KLU maupun Lobar. Bantuan yang diberikan tidak semua tersalurkan melalui pihaknya saja. Namun juga secara perorangan, baik secara langsung maupun melalui rekening ke korban gempa. “Sebelumnya kami sudah salurkan ke KLU,” ujarnya seraya berharap dengan bantuan ini bisa meringankan beban korban gempa di Lombok.
Ketua DRPD Kabupaten Semarang, Bambang Kusriyanto menambahkan, bantuan ini akan diupayakan tidak saja ke Lobar dan KLU. Namun juga ke daerah yang terdampak lainya seperti Lombok Timur. “Kita kan sudah ke Lombok Utara, dan Lobar. Nanti kita juga ke Lotim,” ujarnya.
Ia menyampaikan jika bantuan ini bukan berasal dari APBD daerahnya. Namun murni dana pribadi dari masyarakat, pemerintah dan wakil rakyat di kabupaten Semarang.
Sementara Sekda Lobar, H Moh Taufiq berterima kasih atas bantuan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Semarang. Menurutnya, dengan banyaknya bantuan yang datang menjadi bukti apa yang dialami warganya mendapatkan empati dari seluruh masyarakat Indonesia. Terlebih di masa transisi ini, bantuan masih sangat dibutuhkan. Baik dari pemda, relawan dan lembaga.
Bahkan pihaknya berencana akan memberikan apresiasi, dalam bentuk pemberian piagam penghargaan. “Kami menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada masyakarat, Pemda dan DPRD Semarang,” katanya.
Mengenai penyalurannya, menurut Sekda, akan diatur oleh sekretariat DRPD serta dewan sendiri. Mengingat bantuan ini diserahkan langsung kepada pihak DPRD Lobar. “Pemda berkewajiban membantu mencatat untuk pertanggungjawaban terhadap pemberi bantuan,” ungkapnya.
Hal senada disampikan Ketua DRPD Lobar, Imam Kafali. Pihaknya sangat berterimakasih dan mengapresiasi kepedulian jajaran DRPD dan Pemkab Semarang terhadap korban gempa di Lobar. “Terimakasih atas bantuan daerah kami,” ucapnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here