Beranda Praya Metro Empat Pasar Akan Makin Kinclong

Empat Pasar Akan Makin Kinclong

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Saman

PRAYA — Pemkab Lombok Tengah (Loteng) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag), akan makin mengkinclongkan empat pasar tradisional tahun 2018.
Empat pasar itu, Pasar di Kuta, Pasar Beleka dan Ganti, terakhir Pasar Teratak. “ Tahun ini kita akan membangun empat pasar, doakan saja semoga semuanya lancar,” tegas Kepala Disperindag Loteng, H Saman di kantor bupati, kemarin.
Saman menegaskan, untuk saat ini, dari empat pasar tersebut pembangunannya telah berjalan. Sedangkan untuk anggaran sendiri dari APBN dan DAK. Dimana untuk anggaran Pasar Kuta sebesar Rp 5 miliar lebih, Beleka Rp 1 miliar lebih, Ganti Rp 1 miliar lebih dan Teratak juga sama Rp 1 miliar.
“Semua proyek pasar ini sebelum dikerjakan sudah melalui mekanisme tender,” ungkap Saman.
Dia mengaku, pembangunan empat pasar tradisional mendapat pengawasan ketat oleh dinas bersama tim TP4D. Sebab, sekarang proses pembangunan sudah mulai dikerjakan. Rekanan juga diminta mengantisipasi waktu dan perubahan cuaca agar pengerjaan selesai tepat waktu. Hal ini karena pihaknya tidak ingin kecolongan pelaksanaan pembangunan empat pasar tradisional menjadi molor. Karenanya setiap hari, selalu dilakukan pemantauan dan seminggu sekali ada evaluasi khusus.
Dalam pengawasan tersebut dinas ingin memastikan bahwa rekanan melaksanakan pembangunan sesuai dengan perencanaan. Apabila ada kendala maka bisa langsung diketahui dan segera dicarikan solusinya. Pada awal pengerjaan petugas belum menemukan sedikitpun kendala. Meski begitu rekanan tetap diminta mempercepat pengerjaan.
“Kami sudah meminta rekanan pembangunan di empat pasar untuk bekerja sesuai dengan perencanaan,” kata dia.
Menurutnya, pihaknya secara bertahap membangun pasar tradisional setiap tahun dengan tujuan sebagai perhatian pada pedagang kecil. Selain itu juga sebagai bentuk perbaikan bangunan pasar karena kondisinya sekarang sudah banyak yang rusak dan tidak layak.
“Untuk pasar Kuta akan menjadi pendongkrak ekonomi masyarakat dengan berkembangnya wisata di sana,” tuturnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here