Beranda Headline Suhaili: BPD dan Kades Mesti

Suhaili: BPD dan Kades Mesti

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA DILANTIK: Ratusan anggota BPD dan Pjs di Loteng saat dilantik oleh Bupati Loteng, H Moh. Suhaili FT, pekan lalu.

Sinergi Lahirkan Perdes

PRAYA —Bupati Lombok Tengah, H Moh. Suhaili FT meminta agar Badan Permusyawaratan Desa (BPD) lebih produktif terhadap peraturan desa (Perdes). Artinya, BPD sebagai legislator di desa harus mementingkan perumusan, perencanaan dan pembahasan Perdes sebagai acuan Pemdes.
Jika melihat fenomena akhir-akhir ini lanjut Suhaili, BPD berhak mengawasi kinerja kades, karena itu sudah diatur dalam regulasi. Hanya saja, BPD mestinya lebih mementingkan kepentingan masyarakat desa.
“Contoh, silakan bikin Perdes soal awik-awik desa. Itukan akan sangat bermanfaat bagi desa maupun warga,” ujar Bupati.
Namun diakuinya pula, saat ini banyak anggota BPD juga belum mengetahui tupoksinya sebagai legislator di desa. Selain itu, anggota BPD kerap terlihat ketika ada pembahasan anggaran desa, namun minim ide dan gagasan ketika mengkonsep sebuah draf rancangan Perdes yang akan dibahas dan disahkan menjadi sebuah Perdes.
“Saya yakin, kalau BPD mau, banyak hal yang bisa diatur dalam Perdes. Yang penting BPD dan kades bisa sepaham,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here