Beranda Mataram Pembongkaran Baru Tuntas Satu Lingkungan

Pembongkaran Baru Tuntas Satu Lingkungan

BERBAGI

MATARAM —Pembongkaran bangunan yang rusak parah akibat gempa, baru rampung di satu lingkungan, yakni Pengempel Indah di Kecamatan Sanubaya. “Kita selesaikan dua lingkungan dulu. Pengempel Indah, dan Tegal, dibantu TNI dengan alat berat, dan dum truk,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Mataram, H Mahmudin Tura, kemarin.
Untuk di Lingkungan Pengempel Indah sudah tuntas membongkar 176 unit rumah, sementara di Lingkungan Tegal akan ada 300 rumah yang dirobohkan. Kemudian Lingkungan Gontoran lebih dari 100 unit rumah, serta Lingkungan ‎Kamasan juga sekitar ratusan rumah. “Targetnya dalam seminggu ini bisa tuntas,” imbuhnya.
Apalagi, tim dari program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Permukiman Berbasis Komunitas (Rekompak) mendesak segera membangun 122 unit rumah. Meski model pembangunan yang dilakukan Rekompak tidak sampai rumah selesai, karena butuh keterlibatan masyarakat. “Rekompak hanya membangunkan senilai Rp 35 juta untuk tipe rumah 36. Diberikan stimulan Rp 50 juta, dengan ukuran beda-beda karena lahan masyarakat beda-beda,” jelasnya.
Mahmudin menambahkan, semua proses pembongkaran hanya untuk bangunan yang rusak berat saja. “Bertahap. Rusak berat dulu. Ringan dan sedang belakangan. Targetnya 15 hari selesai,” jelasnya seraya menyebut, sudah ‎80 persen warga yang rumahnya rusak berat setuju menggunakan konsep RISHA (rumah instan sederhana sehat). “Sisanya masih mikir, mau melihat bagaimana kalau sudah jadi,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here