Beranda Praya Metro Iskandar Bakal Panggil PPL

Iskandar Bakal Panggil PPL

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA Lalu Iskandar

PRAYA — Keluhan Pemdes Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat soal kinerja Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang kurang aktif, direspons Kepala Dinas Pertanian Loteng, Lalu Iskandar, kemarin.

Iskandar mengatakan, terkait persoalan itu pihaknya langsung tampung. Bahkan rencananya Iskandar bakal memanggil PPL yang dimaksud untuk mempertanyakan keluhan Pemdes setempat yang menyatakan, hampir satu tahun ini PPL tidak pernah melakukan koordinasi dan selama ini PPL tidak pernah memberikan informasi terkait aktivitas pertanian.
“Saya tidak ingin mendengar satu pihak saja, makanya saya akan panggil PPL,” kata Iskandar tegas, kemarin.
Iskandar menerangkan, tenaga penyuluh lapangan memiliki tugas dan tanggung jawab besar sebagai ujung tombak keberhasilan meningkatkan kualitas dan produksi pertanian. Artinya, penyuluh harus bertanggungjawab kepada petani.
“Jadi PPL memang harus lebih intens berkoordinasi dengan Pemdes,” ujarnya.
Tidak hanya itu, penyuluh pertanian berperan penting dalam membentuk petani jadi lebih inovatif. Untuk itu, penyuluh harus mampu memberikan pembinaan dan menyiapkan petani dari penyiapan lahan hingga paska panen.
“Saya berharap penyuluh pertanian punya output yang baik ke masyarakat,” ujarnya.
Penyuluh pertanian, kata dia harus bisa mengindentifikasi potensi pertanian di tempat tugas, kemudian melaksanakan program pertanian dengan baik. Lalu mengutamakan kemitraan, kelembagaan pelaku usaha sekitar serta meningkatkan kegiatan.
“Di samping itu penyuluh pertanian juga harus dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pasca panen dan kebutuhan masyarakat,” sebutnya.
Iskandar meminta kepada seluruh petani atau kelompok tani untuk mencatat nama PPL yang tidak pernah datang ke lokasi pertanian, para petani bisa melaporkan langsung kepada Dinas Pertanian.
“Kalau PNS tentunya akan disanksi dengan tidak dinaikan pangkat. Tetapi kalau itu PPL tenaga kontrak, bisa langsung dipecat,” sebutnya lagi. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here