Beranda Headline Diminta Fokus Tangani Korban Gempa

Diminta Fokus Tangani Korban Gempa

BERBAGI
HUMAS PROVINSI NTB FOR RADAR MANDALIKA DILANTIK: Wakil Gubernur NTB, Muh Amin saat melantik dan mengambil sumpah Penjabat Bupati Lotim, Lalu Syafi’i, kemarin di Mataram.

MATARAM – Kepala Bakesbangpoldagri Provinsi NTB, Lalu Syafi’i dilantik sebagai penjabat sementara Bupati Lotim. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan Wakil Gubernur NTB, Muh Amin, kemarin.

Amin melantik Safi’i sesuai SK Menteri Dalam Negeri Nomor 131.52-5784 Tahun 2018 Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Lombok Timur NTB.
Pelantikan dilakukan mengingat telah berkahirnya masa jabatan Bupati Ali Bin Dahlan dan Wakil Bupati H. Khaerul Waritsin periode 2013 – 2018.

Didampingi Sekda NTB, Rosiady Sayuti Wagub menyampaikan ucapan selamat atas pelantikannya tersebut. Pemprov berharap semoga penjabat Bupati dapat bekerja lebih serius dan tetap memberikan pengabdian terbaik dalam rentan waktu yang tidak terlalu lama selama menjabat.

Amin mengajak semua yang hadir untuk merenung dan mengambil hikmah dari musibah gempa yang melanda masyarakat NTB saat ini. Dia menegaskan, terdapat pelajaran berharga untuk dipetik bagi kemaslahatan daerah ke depan.
Wagub juga menekankan agar penjabat yang baru dilantik dapat lebih fokus menyelesaikan proses rekonstruksi dan rehabilitasi bagi masyarakat terdampak gempa di Lotim, selain menyelesaikan tugas-tugas pemerintahan lainnya.

“Kondisi masyarakat saat ini harus kita perhatikan dengan serius,” peritah Amin.

Sementara itu, Penjabat Bupati Lotim, Lalu Syafi’i membeberkan, agenda dalam waktu dekat telah disusunnya. Pemkab Lotim akan melakukan penguatan dan pemberdaayan dalam segala potensi yang fokus untuk korban gempa. Dalam menangani kondisi masyarakat yang tertimpa gempa khususnya di Lotim itu, Syafi’i memastikan kepada seluruh OPD Lotim beserta camat untuk saling bahu membahu, memperkuat pelayanan serta meningkatkan tindakan membantu korban gempa. Usai dilantik, Syafi’i mengaku langsung melakukan rapat bersama seluruh OPD dan Camat se-Lotim untuk membahas penanganan korban gempa. Pihaknya juga telah menjadwalkan semua instrumen pemerintahan bisa turun ke desa dalam rangka menghibur korban gempa yang saat ini, kondisi psikologisnya masih tertekan termasuk mereka yang masih merasakan trauma.
“Semua itu tadi sudah dibahas dalam rapat pimpinan,” kata Syafi’i yang dikonfirmasi via ponsel, kemarin.
Hal penting lainnya yang akan dilakukan pemerintah Lotim, menjaga kemanan dan ketertiban masyarakat saat saat ini. Dimana di tengah dilanda bencana banyak informasi hoax yang beredar di tengah masyarat dalam hal ini, pemerintah harus hadir memberikan penjelasan bahwa isu isu yang disampaikan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab tidak benar.
“Pemerintah penting untuk terlibat dan hadir langsung memberikan penjelasan,” terangnya.
Pemkab Lotim juga akan mengeluarkan Surat Edaran (SE) agar kantor urusan agama, para tokoh agama, kiyai dan juga para Khotib senantiasa mengisis ceramah bagaiaman menguatakan kondisi mental masyarakat serta tentu sama sama menjaga kondusifitas darah. Dalam kondisi masyarat sekrangan ini, tindakan tersebut harus dilakukan oleh pemerintah supaya masyarakat yang terdampak gempa bumi merasa aman dan nyaman meski masih tidur di dalam tenda.
“Kami juga akan mendata kembali, rumah rusak, korban meninggal dan luka-luka dan data lainnya yang nantinya akan termaktub dalam buku data lengkap,” tutup dia. (cr-jho/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here