Beranda Mataram Calon Penerima Jadup Masih Diverifikasi

Calon Penerima Jadup Masih Diverifikasi

BERBAGI

MATARAM —Dinas Sosial (Disos) Kota Mataram masih terus memverifikasi data calon penerima jaminan hidup (Jadup). Jadup sebesar Rp 10 ribu per jiwa per hari selama tiga bulan, akan diberikan kepada korban gempa yang rumahnya rusak berat, kehilangan mata pencaharian, dan menjadi pengungsi tetap.
Menurut Kepala Disos Kota Mataram, Hasnayati, data sementara yang dimilikinya terdapat 1.501 kepala keluarga (KK) yang rumahnya rusak berat akibat gempa. Namun data itu harus dikonfirmasi lagi ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) untuk menelisik lebih detail Kartu Keluarganya. Sebab, penerima Jadup ini akan dihitung per jiwa. “Ada beberapa sumber data, bahkan sudah ada lima SK yang dikeluarkan Bappeda. Kita juga akan cek datanya ke Bappeda,” kata Hasnayati, kemarin.
Diakui terdapat kendala dalam proses verifikasi data yang nantinya dilampirkan dalam surat keputusan (SK) penerima Jadup. “‎Kendalanya harus konfirmasi lagi dengan melihat KK. Dan harus dicek betul datanya,” jelasnya.
Jadup nantinya akan ditransfer ke rekening penerima. Semua data calon penerima akan diajukan dulu ke Kementerian Sosial (Kemensos) setelah mendapat rekomendasi dari provinsi. Hasnayati belum bisa memastikan, kapan Jadup bisa diterima warga. “Draft SK sudah jadi. Tapi lampirannya belum tuntas. Masih mau dicek dulu ke Dukcapil,” imbuhnya.
Ketika mengajukan data itu ke Kemensos, Hasnayati juga akan mempertanyakan bagaimana bila dalam satu rumah terdapat lebih dari satu KK. Khawatirnya muncul kecemburuan ketika hanya satu KK yang mendapat Jadup tersebut. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here