Beranda Praya Metro Bangun Destinasi Aman dengan Melibatkan Warga Lokal

Bangun Destinasi Aman dengan Melibatkan Warga Lokal

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SERIUS: Suasana FGD yang disampaikan Dewan AMAN NTB bersama akademisi UIN Mataram di Yayasan Ponpes Bahrul Ulum Rangkap II Kuta, Minggu siang.

PUJUT –Kegiatan lokakarya yang digelar Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram yang bekerjasama dengan Dewan Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) NTB, banyak menelurkan gagasan seputar destinasi pariwisata yang aman di Lombok.
Ketua Dewan AMAN NTB, L Satriawangsa menjelaskan, persoalan pariwisata memang tidak cukup dengan hanya menggaungkan sapta pesona pariwisata yang terdiri dari unsur aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan. Namun selain itu harus disertai juga dengan keterlibatan masyarakat setempat dalam membangun dan mengembangkan daerah wisata itu sendiri.
“Dalam proyek ITDC misalnya. Kita melihat sedikit sekali warga lokal yang dipekerjakan,” ujarnya.
Di sisi lain, ia melihat meski progres pembangunan oleh ITDC cukup baik. Namun demikian menurutnya masyarakat saat ini hanya jadi penonton. Warga setempat serta tokoh adat maupun tokoh agama tidak dilibatkan. Karena itu tidak mustahil jika Tuhan menegur dengan caranya sendiri, salah satunya dengan rentetan gempa bumi yang melanda Pulau Lombok sebulan terakhir.
“Kita juga sarankan agar digelar doa bersama bagi para leluhur di Pulau Lombok secara berkala. Itu penting bagi perkembangan pariwisata kita,” pintanya. (fiz)

DISKUI MIQ SATRIAWANGa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here