Beranda Headline 16 Ribu Rumah Diusulkan Dapat Bantuan

16 Ribu Rumah Diusulkan Dapat Bantuan

BERBAGI
DIKI WAHYUDI/RADAR MANDALIKA NGUNGSI: Puluhan tenda yang dijadikan lokasi pengungsian warga pasca guncangan gempa bumi.

PRAYA – Ribuan unit rumah yang mengalami rusak berat, sedang dan ringan akibat gempa bumi di Lombok Tengah (Loteng), sudah terverifikasi dan segera mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Loteng, Lalu Firman Wijaya mengatakan, verifikasi kerusakan rumah warga sudah tuntas. Setelah dilakukan verifikasi administrasi dan faktual di lapangan, yang dinilai lolos hanya sekitar 16 ribu rumah warga. Jumlah rumah yang rusak berat sekitar 2.500 unit rumah.
“Kami hanya mengusulkan sesuai dengan kerusakan sesuai temuan di lapangan. Jika dinyatakan lolos kita serahkan ke pihak BRI selaku bank yang ditunjuk pemerintah untuk penyaluran bantuan ke warga,” terang Firman di kantor Bupati Loteng, kemarin.
Sementara kapan bantuan itu akan dicairkan, sejauh ini dia pun tidak mengetahuinya. Namun, pihaknya berharap bisa secepatnya. Agar rumah warga yang rusak akibat gempa ini, bisa diperbaiki. Sebab, sangat kasihan warga yang harus tinggal di pengungsian terus menerus.
“Karena dari pantuan tim yang diturunkan mendata hasilnya hanya 16 ribu itu saja,” tegas dia.
Firman menegaskan, untuk pengawalan dana bantuan itu, selain dari aparat penegak hukum, pihaknya akan menyiapkan petugas. Sehingga tidak ada kesempatan bagi oknum yang ingin bermain nantinya.
“Nanti kita akan memberikan pendampingan,” janjinya.

Belum lama ini, Bupati Loteng, H Moh Suhaili FT menyampaikan bahwa masa pemulihan untuk pembangunan rumah warga membutuhkan waktu yang sangat panjang. Pasalnya, kerusakan yang dialami oleh warga sangat berpariasi.
“Ada rumahnya yang bertingkat dan ada rumah yang sederhana, sama- sama rusak maka akan diberikan bantuan yang sama oleh pemerintah,” kata Suhaili di hadapan media. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here