Beranda Mataram Terlalu Lama Menjabat, Siap-siap Dirolling

Terlalu Lama Menjabat, Siap-siap Dirolling

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA H Ahyar Abduh

MATARAM —Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh memberikan sinyal akan segera melakukan pengisian jabatan lowong, khususnya eselon II. Bagi pejabat yang sudah lima tahun ke atas menjabat, siap-siap dirotasi, kecuali diberikan perpanjangan. “Tapi tidak sembarangan. Ada mekanisme, dan diuji juga,” kata Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh ditemui usai upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Mataram ke 25, kemarin.
Khusus eselon II, Wali Kota mengaku sudah tanda tangan untuk panitia seleksi (Pansel) persiapan mutasi eselon 2. Selain itu, akan dilakukan juga uji kompetensi bagi eselon di bawahnya. “Saya juga minta Sekda untuk bisa dilakukan rolling staf non eselon agar ada penyegaran,” imbuhnya.
Wali Kota ingin pansel jalan dulu, begitu juga tim uji kompetensi juga berproses. Perkiraannya, proses pengisian jabatan dilakukan di atas tanggal 20 September. Alasannya, saat ini Pemkot Mataram masih konsen pada penanganan pascabencana gempa. “Bagaimana mengembalikan masyarakat kita ke rumahnya. Itu konsentrasi kita sekarang. Jadi (mutasi, Red) nantilah, kemungkinan akhir September,” ungkapnya.
Mengenai evaluasi pejabat, Wali Kota mengaku, tetap melakukannya. Bahkan tanpa sepengetahuan pejabat bersangkutan. “Biasa (pejabat) dipanggil untuk melihat kinerjanya,” katanya.
Terpisah, Sekda Kota Mataram H Effendi Eko Saswito mengatakan, untuk mutasi dan rotasi pejabat akan dilakukan assessment dulu. Tim pansel juga telah siap bekerja. “Awal September asesmen dulu,” ujarnya.
Menurutnya, Pansel juga bekerja untuk pergeseran maupun mutasi pejabat. Khusus eselon 2, terdapat tiga jabatan yang kosong. Yakni Asistem II, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Kepala Dinas Tenaga Kerja yang pensiun per 1 September ini. Sekda mengakui, pengisian ketiga jabatan lowong eselon 2 ini akan menjadi prioritas.  (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here