Beranda Praya Metro Program Pemberdayaan, Bujak Anggarkan Rp 384 Juta

Program Pemberdayaan, Bujak Anggarkan Rp 384 Juta

BERBAGI
ILUSTRASI

BATUKLIANG —Pemdes Bujak, Kecamatan Batukliang tahun ini menganggarkan Rp 384 juta untuk program pemberdayaan. Jumlah ini sesuai dengan regulasi tentang persentase pengelolaan DD di Lombok Tengah, minimal 25 persen dari jumlah yang diterima.
“Aturannya kan minimal 25 persen, tapi kita pakai 30 persen. Dana ini diarahkan untuk delapan item program yang tertuang dalam APBDes,” jelas Sekdes Bujak, H Muhammad Darwin.
Adapun kedelapan program itu kata dia, yakni program pelatihan menjahit, tata boga, tata rias, pengembangbiakan jambu kristal, pelatihan peningkatan kapasitas kader Posyandu, industri kerajinan, pelatihan teknologi tepat guna dan pelatihan penguatan kapasitas bagi aparatur desa.
Banyaknya program pemberdayan tahun ini memang tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Bahkan program ini merata mengakomodir perwakilan semua dusun. Dengan harapan, setiap dusun bisa tumbuh usaha baru dan upaya untuk meningkatkan ekonomi warga.
“Ini akan menjadi aset desa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Karena sesuai aturan, setelah dilatih Pemdes akan membina warga membentuk kelompok usaha baru. Dengan demikan, bantuan atau pembinaan dari instansi terkait juga bisa dilakukan melalui usulan desa,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here