Beranda Headline Lagi, Ribuan Warga Terima Rekening

Lagi, Ribuan Warga Terima Rekening

BERBAGI
IST / RADAR MANDALIKA TERIMA: Warga korban gempa bumi perwakilan Lotim saat mengikuti serah terima rekening secara simbolis di Lombok Utara, kemarin.

LOTIM – Sebanyak 2.782 warga Lombok Timur (Lotim) korban gempa bumi, kembali menerima rekening. Rekening secara simbolis diberikan langsung Presiden H Joko Widodo, di Lombok Utara, kemarin. Artinya, jumlah rekening yang diterima secara simbolis dengan kedatangannya waktu lalu ke Lotim, menjadi sebanyak 2.807 korban.
Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekretariat Daerah (Setda) Lotim, Ahmad Subhan, kepada awak media, kemarin mengatakan, dari angka tersebut, jumlah rekening yang diberikan terhadap korban gempa bumi Kecamatan Sambelia sebanyak 1.286 orang, Sembalun 1.358 orang, Wanasaba sebanyak 93 orang, Kecamatan Pringgabaya sebanyak 57 orang dan Kecamatan Labuhan Haji sebanyak 13 orang. “Proses pencairan masih terus dilakukan, sesuai kemajuan hasil verifikasi,” jelasnya.
Jumlah transfer bantuan dana stimulan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), utamanya untuk rumah yang sudah terverifikasi dan sudah ditetapkan Bupati Lotim. Transfer pertama sebanyak Rp 34,950 miliar untuk rusak berat, dengan prioritas dari jumlah itu sebesar Rp 26,7 miliar. Transfer kedua Rp 19,9 miliar, transfer ketiga Rp 9,250 miliar, transfer keempat Rp 59,9 miliar, transfer kelima Rp 15,9 miliar dan transfer keenam sebesar Rp 8,7 miliar. Sehingga total transfer seluruhnya sebesar Rp 148,6 miliar.
“Uangnya sudah ada dalam rekening penerima. Hanya saja, rekening penerima posisi masih diblokir. Dana stimulant itu, prioritas untuk rumah rusak berat,” tegasnya.
Sementara untuk 825 rumah rusak ringan, masih menunggu mekanismenya, tapi buku rekening warga penerima sudah ada. Mengenai proses verifikasi tingkat kerusakan hingga saat ini masih terus berlangsung. Demikian juga proses verifikasi untuk menerima bantuan. “Mudah-mudahan semua berjalan lancar. Sehingga rumah warga korban gempa bumi segera berdiri,” tegasnya seraya mengajak masyarakat selalu sabar dan berdoa agar musibah gempa bumi ini cepat diangkat Allah. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here