Beranda Headline Sah, Gugatan PAN Gugur

Sah, Gugatan PAN Gugur

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA SIDANG : Majelis Adjudikasi Bawaslu Lotim, saat membacakan putusan majelis yang menggugugurkan semua pokok permohonan dari pemohon (PAN), setelah dua kali berturut-turut tidak hadir dalam sidang adjudikasi.

LOTIM – Sidang kedua adjudikasi penyelesaian sengketa Pemilihan Umum (Pemilu), digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lombok Timur (Lotim). Hanya dihadiri Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lotim selaku termohon. Sementara DPD PAN Lotim sebagai pemohon, tidak hadir dua kali berturut-turut sejak sidang adjudikasi pertama digelar.
Kemarin, majelis adjudikasi kembali melakukan sidang dengan agenda pembacaan putusan. Pembacaan putusan ini, kembali hanya dihadiri oleh termohon. Hasilnya, diputuskan semua materi gugatan PAN secara sah dinyatakan gugur. Artinya, satu Calon Legislatif (Caleg) asal Daerah Pemilihan (Dapil) dua yang diperjuangkan dalam sengketa itu, gagal nyaleg.
Ketua Bawaslu Lotim, Retno Sirnopati kepada Radar Mandalika, kemarin mengatakan, keputusan majelis adjudikasi dalam sengketa penyelesaian pokok perkara antara PAN dengan KPU, sifatnya final dan mengikat. Hal itu, sesuai dengan pasal 35 point 1 ayat C Perbawaslu nomor 18 tahun 2017. Semua permohonan pemohon dengan register nomor 01/PS/Bawaslu/Kab-Ltm/17.08/VIII/2018 dinyatakan gugur. “Keputusan majelis adjudikasi ini, sifatnya final dan mengikat,” tegas Retno Sirnopati.
Sebelumnya, terdapat dua Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menduduki jabatan penting di Lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) Lotim, mendaftar menjadi Caleg. Namun tidak bisa masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Kedua PNS itu, maju melalui PKS dan PAN. Tetapi hanya PAN yang mengajukan sengketa pada Bawaslu, kendati hanya hadir pada saat mediasi saja. Sedangkan pada dua kali agenda sidang tidak hadir, hingga secara sah semua permohonannya dalam sengketa itu dinyatakan gugur. Sementara PKS sendiri, tidak mengajukan permohonan sengketa pada Bawaslu. Sehingga Bawaslu Lotim hanya memproses permohonan PAN saja. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here