Beranda Praya Metro Perangkat Desa Tagih Keputusan Rakornas

Perangkat Desa Tagih Keputusan Rakornas

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA Mariono

PRAYA —Pengurus Persatuan Perangkat Desa (PPDI) Lombok Tengah menantikan penerapan hasil rapat koordinasi nasional (Rakornas) jajaran pengurus PPDI pusat bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 15 Agustus lalu. Yang mana, dalam Rakornas yang digelar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah itu ada sejumlah kesepakatan yang bakal diterapkan mulai tahun depan.
Ketua PPDI Loteng, Mariono mengungkapkan, beberapa hasil kesepakatan dalam Rakornas itu merupakan hasil perjuangan PPDI pusat hingga daerah untuk kesejahteraan perangkat desa (Prades). Mulai dari perjuangan saat pelaksanaan Silaturrahmi Nasional (silatnas) menagih janji Jokowi di Monas hingga dilaksanakannya RDPU bersama Komisi II dan Kemendagri akhir tahun lalu. Adapun hasil Rakornas itu, beber Ono bahwa terkait permintaan penghasilan tetap (Siltap) PPDI minimal setara dengan PNS golongan 2A itu dikabulkan. Namun ketentuan itu mempertimbangkan masa kerja dan jabatan. Secara teknis ini sudah diambil oleh Kemendagri dengan membentuk tim khusus untuk menghitung alokasi anggaran Siltap Kades dan Prades secara nasional. Selain itu, kesepakatan Siltap tersebut tidak hanya disepakati oleh Kemendagri saja melainkan juga Bappenas, KemenPAN RB, Kemenko PMK dan Kemenkeu.
“Tapi untuk teknisnya, diserahkan kepada Kemendagri dan Kemendes PDDT. Nanti itu akan ditindaklanjuti dengan revisi PP 43/2014 junto PP 47/2015 terutama pasal 81, 82 dan pasal 100 dan PP 60/2014,” terangnya.
Kemungkinan juga tambah dia, nantinya akan disusun Permendagri tentang standar penghasilan aparatur Pemdes sebagaimana adanya standar penghasilan bupati/wali kota dan pejabatnya.
Dalam Rakornas itu juga, disepakati agar PPDI kompak dalam organisasi dengan Pembina Kemendagri tanpa harus melihat apapun latar belakang parpolnya. Termasuk, PPDI harus netral dalam konstalasi politik Pilpres mendatang.
“Jika melihat Dana Alokasi Umum (DAU) Pemkab Loteng tahun depan bertambah. Mudahan pertambahan itu juga sebagai bentuk tindaklanjut pertambahan Siltap Prades,” harapnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here