Beranda Lombok Barat Pemkab Siapkan Lokasi Pasar Sementara

Pemkab Siapkan Lokasi Pasar Sementara

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA TINJAU PASAR : Bupati Lobar H Fauzan Khalid didamping Kepala Disperindag Lobar meninjau pasar Narmada yang terbakar, kemarin.

LOBAR —Pemerintah Kabupaten Lombok Barat (Lobar) berjanji segera mencarikan lokasi relokasi sementara untuk pasar Narmada. Setelah terjadinya kebakaran yang menghanguskan ratusan los pedagang di pasar itu, Kamis malam. “Sudah saya minta Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk mencari tempat relokasi. Bayangan sementara, lokasinya di sekitar pasar,” kata Bupati Lobar H Fauzan Khalid saat meninjau lokasi kebakaran, kemarin.
Sebelum ada lokasi relokasi, tempat parkir pasar masih dapat digunakan sebagai tempat berjualan para pedagang. Nantinya, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan terkait rencana itu.
Bupati berharap relokasi itu sudah bisa dilakukan dalam waktu dekat ini.
“Mudah-mudahan bisa lusa, tinggal kita bantu,” sambungnya.
Selain itu, Bupati juga akan berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan terkait pasar di Lobar yang mengalami kerusakan akibat gempa. Sebelum kebakaran itu, Fauzan mengaku sudah mengatur jadwal pertemuan dengan menteri. Hal ini dianggapnya suatu kebetulan. Sehingga ia akan membahas terkait kebakaran itu dengan menteri. “Nanti kita ajukan (untuk Pasar Narmada). Tapi sebelum itu, Pak Kepala Disperindag sudah melakukan komunikasi dengan salah seorang direktur yang menangani perdagangan yang berbasis pasar tradisional,” ungkapnya.
Mengenai nilai kerugian akibat kebakaran, Fauzan mengaku belum dapat menghitungnya. Termasuk penyebab terjadinya kebakaran. Alasannya, hal itu masih dalam investigasi pihak kepolisian. Bupati berharap agar relokasi pasar ini bisa segera dilakukan. “Mudah-mudahan juga bisa segera kita bangun kembali (pasar Narmada), agar membantu masyarakat bisa berjualan kembali,” harapnya.
Terkait perbaikan pasar Narmada, kemungkinan baru bisa dilakukan pada tahun 2019 mendatang. Kepada para pengelola pasar, telah dimintanya untuk mengangkat dan membersihkan sisa-sisa kebakaran, selepas investigasi dari pihak kepolisian. “Sambil pembersihan, masyarakat bisa pakai (berjualan),” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here