Beranda Praya Metro Komisi I Berharap Pilkades Lancar

Komisi I Berharap Pilkades Lancar

BERBAGI
DOK/RADAR MANDALIKA HL Rumiawan

PRAYA — Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Tengah (Loteng), HL Rumiawan berharap kepada penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak bisa berjalan lancar.
“Kita dari DPRD turut ambil bagian sebagai pengawas berjalannya Pilkades. Untuk pengamanan, Pemkab harus melibatkan semua unsur,” katanya, kemarin.
Rumiawan menegaskan, dalam pelaksanaan Pilkades tersebut, semua penitia harus mengacu dan berpedoman kepada regulasi yang ada. Hal itu bertujuan untuk menghindari konflik terjadi. Apalagi belakangan ini, pihaknya melihat riak-riak kecil sudah mulai bermunculan.
“Seluruh tahapan dan proses Pilkades serentak telah diatur dalam Perbub,” tegasnya.
Politisi partai Golkar ini mengingatkan kepada seluruh bakal calon Kades yang akan mengikuti Pilkades, agar tidak melakukan mony politik dan modus kecurangan lainnya. Sebab, pihaknya dari DPRD maupun Pemkab tentu akan memberikan sanksi tegas kepada yang melakukan.
“Sanksi tegasnya, bisa saja calon tersebut dicabut Surat Keputusan (SK) sebagai calon Kades,” serunya.
Ditambahkan Rumiawan, dengan tetap mengacu pada Perbup, diharapkan permasalahan yang muncul di Pilkades serentak dapat diselesaikan di tingkat bawah. Pihaknya tidak menginginkan segala persoalan kemudian langsung dibawa ke kabupaten maupun ke DPRD.
“Kegiatan itu merupakan pesta demokrasi yang harus kita ikuti sesuai dengan aturan yang telah diterapkan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala dinas pemberdayaan masyarakat desa (DPMD) Loteng, Jalalludin mengaku menanggapi serius banyaknya permasalahan muncul jelang Pilkades. Untuk mengatasinya, DPMD telah membagi zona untuk menyelesaikan permasalahan atau sengketa.
“Jadi nanti kita bisa buat zona seperti zona utara, tengah dan selatan untuk menyelesaikan persoalan yang ada,” katanya, belum lama ini. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here