Beranda Praya Metro Akan Pembersihan di Tiga Kecamatan

Akan Pembersihan di Tiga Kecamatan

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA TURUN TANGAN: Jajaran anggota Polres dan Polsek saat membersihkan puing-puing bangunan rumah warga, belum lama ini.

PRAYA — Bupati Lombok Tengah (Loteng), H Moh Suhaili FT mengajak semua jajaran Pemkab, TNI dan Polisi untuk turun kembali membersihkan puing-puing reruntuhan bangunan pasca diguncang gempa bumi, beberapa waktu yang lalu.
“Untuk memberikan semangat dan motivasi kepada warga korban gempa. Kita akan turun bersama semua stakeholder,” kata Suhaili saat memimpin rapat sosialisasi pembangunan rumah tahan gempa di Bencingah Alun-alun Tastura, kemarin.
Suhaili menegaskan, dalam kegiatan tersebut bukan hanya mengerahkan sejumlah alat berat untuk melakukan pembersihan. Pihaknya juga akan membahas bersama korban gempa terkait pembangunan rumah tahan gempa tersebut. Namun, sebelum itu, pihaknya akan memerintahkan semua dinas terkait harus mempunyai data lengkap. Mulai dari nama pemilik, maupun alamat rumah. Serta harus dilengkapi dengan foto dan titik koordinat. Sehingga data yang diajukan benar-benar meyakinkan pemerintah pusat.
“Harus semua data korban bisa terpampang di semua dusun,” pintanya.
Suhaili menjelaskan, masih banyak lokasi bangunan rumah warga yang rusak akibat gempa yang belum tertangani. Untuk itu, beberapa hari ke depan pusatnya di Kecamatan Batukliang, Batukliang Utara, dan Kecamatan Pringgarata.
“Gotong royong ini kita pusatkan di tiga kecamatan,” bebernya.
Dengan adanya kegiatan ini, pihaknya berharap masyarakat akan lebih terbantu, dan bisa mengurangi rasa trauma juga. “Selain melakukan kegiatan gotong-royong, kami akan menyalurkan bantuan sembako untuk kebutuhan hidup warga,” janjinya.

Sementa itu, Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman menyampaikan, proses penyelesaian tanggap darurat terus dilakukan, termasuk dengan pembersihan puing bangunan. Ia menilai, kondisi saat ini sudah relatif lebih baik, di mana perasaan trauma masyarakat perlahan berkurang.
“Kami tetap turun membersihkan puing-puing bangunan rumah,” katanya, belum lama ini. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here