Beranda Lombok Barat Pengungsi Butuh Hunian Sementara

Pengungsi Butuh Hunian Sementara

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA SEMENTARA: Salah satu hunian sementara yang dibangun seorang warga Desa Bajur, Kecamatan Labuapi.

LOBAR —Keberadaan hunian sementara (Huntara) pascatanggap darurat, sangat dibutuhkan warga. Bahkan dewan Lobar mendorong pemerintah menyediakan hunian tersebut bagi para pengungsi. Sebab, pengungsi tidak bisa selamanya bertahan dalam posko pengungsian yang terbuat dari terpal. “Kebutuhan itu sangat mendesak, karena rumah mereka hancur. Kalau mereka masih tinggal di tempat pengungsian, dampak social, dan berbagai penyakit akan muncul,” ujar anggota Komisi I DPRD Lobar, Jumarti, kemarin.

Menurutnya, terpal yang kini digunakan para pengungsi tidak bisa bertahan lama. Panas matahari dan embun pagi akan merusak terpal tersebut dengan cepat. Dengan adanya huntara, akan mencegah penyakit di pengungsian. Jangan sampai para warga kembali ke sungai untuk melakukan aktifitas buang air besar maupun kecil.
Politisi PPP ini mencontohkan kondisi warga di Kecamatan Lingsar yang masih mengungsi di posko. Sekitar 45-75 persen rumah warga setempat mengalami kerusakan efek guncangan gempa. “Seperti di Desa Dasan Griya itu sekitar 45 persen hancur total, kemudian ke utara di Desa Gegerung itu sekitar 70 persen. Dan salah satu dusunnya 100 persen hancur kampungnya,” ungkapnya.
Hal senada dikatakan anggota DPRD Lobar lainya, Arbail. Ia setuju huntara sangat penting. Apalagi untuk pemulihan bangunan rumah warga tersebut membutuhkan waktu minimal enam bulan. Sehingga, warga tidak mungkin tetap bertahan di lokasi pengungsian selama itu. “Rumah itu akan menjadi hunian sementara, soalnya kalau pakai terpal gak akan bertahan lama dia,” ujarnya.
Pihaknya mendorong pemerintah pusat untuk segera membantu dibangunnya huntara. Termasuk meminta kepada pemerintah, baik pusat, provinsi dan kabupaten untuk tetap berkoordinasi dengan dewan terkait bantuan.
Sebab dewan, terutama daerah pemilihan (Dapil) di empat kecamatan yang terdampak gempa di Lobar, sangat paham dengan kondisi yang dibutuhkan para pengungsi. “Para anggota DPRD dapil sana lebih tahu kebutuhan masyarakat,” sambungnya.
Kepada pemerintah juga diminta memberikan bantuan tidak hanya sekadar ada saja, tapi harus lengkap. Seperti huntara yang lengkap dengan sanitasi dan MCK. “Itu yang dibutuhkan,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here