Beranda Lombok Timur Jalan Rusak, PU NTB Siap Tanggungjawab

Jalan Rusak, PU NTB Siap Tanggungjawab

BERBAGI
MUHAMAD RIFA’I / RADAR MANDALIKA BANGUN: Jembatan jalan provinsi yang dibangun Dinas PU Provinsi NTN, yang hingga saat ini belum tuntas sejak hampir dua bulan lalu.

LOTIM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU), sedang melakukan pembangunan jembatan jalan provinsi di Kelurahan Rakam, Kecamatan Selong, Lombok Timur (Lotim). Selain juga membangun jembatan di Desa Sepapan, Kecamatan Jerowaru. Akibat pembangunan jembatan itu, jalan ditutup total. Digunakanlah jalan kabupaten di Pancor Manis, sebagai jalur alternatif.
Akibatnya, jalan yang belum lama mendapat perbaikan itu, rusak kembali. Dinas PU Provinsi NTB berjanji ke Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lotim melalui pesan WhatsApp, akan bertanggungjawab memperbaiki kerusakan jalan Pancor Manis tersebut. “Kalo dilihat dari pesan melalui WhatsAppnya, Kabid Binamarga PU provinsi katanya janji akan perbaiki jalan itu,” kata Dedi Irawan, Kepala Bidang (Kabid) Binamarga PUPR Lotim, di Selong, kemarin.
Memang ucap Dedi, koordinasi PU provinsi dalam membangun jembatan jalan provinsi di Kelurahan Rakam itu, sudah dilakukan. Awalnya, PUPR Lotim keberatan jika dilakukan penutupan total dan menggunakan jalan Pancor Manis sebagai jalur alternatif. Namun alasan waktu pembangunan jembatan sangat mepet, selain mempertimbangkan kepentingan masyarakat, sehingga diizinkan. “Awalnya kita tidak setuju, karena jalan Pancor Manis bukan untuk jalan provinsi. Tapi kerusakan ditimbulkan setelah terjadi pengalihan arus menuju jalur itu, PU provinsi siap bertangungjawab. Bahkan sudah mensurvey jalan itu,” tandasnya.
“Kalau menggunakan jalur Denggen tidak diizinkan masyarakat dan Camat Selong. Selain karena jalannya kecil, juga alasan dekat pemukiman,” tambah Dedi.
Kapan dilakukan perbaikan oleh PU provinsi, ia mengaku belum tahu. Namun PUPR sendiri, melalui APBD Perubahan, sudah mengusulkan anggaran perbaikan jalan Pancor Manis itu sebesar Rp 200 juta. Perbaikan dilakukan dengan sistem tambal sulam. “Mudah-mudahan begitu jembatan selesai, jalan Pancor Manis itu juga diperbaiki. Dari APBD perubahan nanti, kami juga anggarkan untuk perencanaan jalan tahun 2019 sebesar Rp 200 juta,” pungkasnya. (fa’i/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here