Beranda Praya Metro Wortel Jadi Idola Baru

Wortel Jadi Idola Baru

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA PANEN: Kepala Dinas Pertanian Loteng, Lalu Iskandar saat melakukan penan wortel di Desa Steling, Kecamatan Batukliang Utara, kemarin.

Dinas Pertanian Panen Raya di Setiling

PRAYA—Jajaran pejabat di Dinas Pertanian Loteng bersama petani Desa Setiling, Kecamatan Batukliang Utara menggelar panen raya komoditas hortikultura jenis wortel, kemarin. Wortel dipilih karena selain pemeliharaannya mudah, permintaan tanaman berumbi ini juga tak pernah surut.
“Petani mulai menanam sejak tiga bulan lalu, sekarang sudah ada yang panen dan hasilnya cukup bagus,” ujar
Kepala Dinas Pertanian Loteng, Lalu Iskandar.
Dijelaskan Iskandar, selama proses pemeliharaan, wortel tidak membutuhkan perawatan khusus. Selama proses penanaman hingga panen, wortel tidak membutuhkan obat-obatan sebagaimana halnya perawatan tanaman lainnya. Sedangkan mengenai pemasaran dan harga cukup stabil. Apalagi ke depanya dengan banyak pembangunan di KEK Mendalika tentu akan menumbuhkan permintaan pada wortel maupun sayuran lainnya.
“Yang jelas kami terus mendukung semua petani mengembangkan potensi yang di wilayah masing-masing,” ungkapnya.
Hingga kini lanjut Iskandar, sudah banyak terobosan yang dilakukan Dinas Pertanian dalam mengembangkan potensi sumber daya alam. Salah satunya yakni melakukan demplot pemgembangan komoditas hortikultura unggulan secara swadaya yang bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Unram beberapa waktu lalu.
“Terobosan ini sebagai langkah strategis dalam pembangunan pertanian untuk menciptakan pusat pertumbuhan ekonomi berbasis pertanian,” jelasnya.
Pelaksanaan demplot pengembangan komoditas hortikultura unggulan yang dipusatkan di Desa Steling itu sendiri sesuai hasil kajian pihak Unram. Namun di beberapa tempat dalam melaksanakan demplot hortikultura itu kecenderungannya dapat dikembangkan berbagai macam komoditas pertanian sebagai sentra pengembanganjenis komoditas hortikultura bernilai ekonomis tinggi untuk dibudidayakan terutama pada lahan kebun, tegalan maupun lahan sawah sebagai sumber pendapatan baru bagi petani.
“Di sini bukan hanya wortel, kami juga telah menanam kentang, timun jepang, bawang putih hingga paprika. Komoditas ini memiliki peluang yang sangat baik seiring dengan meningkatnya pendapatan masyarakat,” jelasnya.
Sementara itu Perwakilan Unram yang ikut dalam panen raya, H M Sarjan menjelaskan, hasil riset yang sudah dilakukan di beberapa lokasi menunjukkan bahwa tanaman wortel maupun kentang dapat dijadikan sebagai komoditas unggulan. Sedangkan untuk prinsip menanam tergantung pada varietas yang digunakan, melakukan pengendalian organisme pengganggu tanaman secara terpadu dan penentuan waktu tanam yang tepat sangat menentukan keberhasilan produksi tanaman hortikultura. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here