Beranda Mataram Pembongkaran Masal Kerahkan Seluruh Tenaga

Pembongkaran Masal Kerahkan Seluruh Tenaga

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA SEGERA DIBERSIHKAN: Kondisi rumah yang rusak di wilayah Kamasan, Monjok akibat gempa. Pembersihan harus segera dilakukan, agar pembangunan RISA bisa segera dilakukan.

MATARAM —Hari ini (29/8), pembersihan masal terhadap bangunan yang rusak akibat gempa akan dilakukan dengan menggerakan seluruh tenaga. Selain petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) serta Dinas Perumahan Kawasan Permukiman (Perkim) Kota Mataram, pembongkatan akan melibatkan aparat TNI/Polri, Satpol PP hingga Tagana.
“Dinas PUPR dan Perkim harus dibantu untuk bersihkan areal. Karena mereka juga banyak yang harus dikerjakan,” kata Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana.
Pembersihan akan dilakukan di empat lingkungan yang terdampak parah gempa. Yakni Lingkungan Pengempel, Tegal, dan Gontoran di Kecamatan Sanubaya. Dan Lingkungan Kamasan di Kecamatan Selaparang. “Satu kampung akan rampung 2-3 hari. Sehingga pembangunan RISA (Rumah Indah Sederhana Aman) bisa segera dilaksanakan,” jelasnya.
Terhadap tiang-tiang utama sisa rumah yang roboh, tidak bisa manual dibersihkan. Sehingga ditangani menggunakan alat berat.
Mohan sempat menyinggung terkait kondisi warga yang masih betah tinggal di tenda pengungsian. Ia mengaku, tak ingin memberikan instruksi maupun imbauan agar warga pulang. “Kapan mereka siap pulang secara psikologis,” katanya.
Terpisah, Kepala Dinas PUPR Kota Mataram H Mahmudin Tura mengatakan, pihaknya sudah empat hari melakukan perobohan bangunan. Dikerahkan 325 tenaga pasukan biru yang dimiliki Dinas PUPR. “Kita juga kerahkan semua alat berat yang kita miliki,” imbuhnya.
Target Mahmudin, pembongkaran bisa rampung dalam waktu seminggu. Namun target itu tergantung juga hasil evaluasi yang dilakukan, kemarin. Mengingat untuk tiga wilayah di Kelurahan Bertais paling banyak rumah yang rusak. “Nanti dibantu aparat TNI/Polri. Paling cepat ya seminggu,” pungkasnya. (rin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here