Beranda Lombok Barat Korban Dibantu Mengganti Dokumen Kependudukan

Korban Dibantu Mengganti Dokumen Kependudukan

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PELAYANAN: Dukcapil tetap membuka pelayanan menggunakan terop di halaman kantornya. OPD ini siap memberikan pelayanan khusus kepada pengungsi untuk pembuatan KTP dan KK.

LOBAR —Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Lombok Barat (Lobar), siap mengganti dokumen kependudukan korban gempa yang hilang. Utamanya Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK) sangat dibutuhkan untuk pendataan demi mendapat bantuan dari pemerintah pusat.
Meski belum ada laporan yang masuk langsung dari warga, Dukcapil sudah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) terkait hal itu. “Dinas PUPR sedang verifikasi bangunan penduduk yang rusak. Jadi berapa banyak yang sudah final verifikasinya, dan mau dapat bantuan yang kehilangan KTP, bisa kita ganti,” kata Kepala Dukcapil Lobar, H Muridun, kemarin.
Selain itu, Dukcapil juga akan membuatkan akta kematian bagi korban gempa yang meninggal dunia. Dari pendataan sementara tercatat korban meninggal dunia sebanyak 46 jiwa. “Itu yang kita buatkan akta kematian,” ujarnya.
Data tersebut masih dapat berubah. Karenanya Dukcapil tetap berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas PUPR terkait pendataan. Muridun memastikan, Dukcapil siap memberikan pelayanan bagi para korban gempa yang kehilangan dokumen kependudukannya. “Kami selalu siap melayani kepada siapapun itu masyarakat,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here