Beranda Mataram Jamaah Kloter Pertama Pulang Kampung

Jamaah Kloter Pertama Pulang Kampung

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA AKAN PULANG: Jamaah haji kloter I saat akan berangkat ke tanah suci. Jamaah kloter 1 akan segera tiba di Lombok.

MATARAM — Jamaah haji kloter pertama asal Lombok Tengah (Loteng) akan menginjakkan kaki di tanah air, Selasa (28/8) malam. Sesuai jadwal, jamaah dipulangkan menggunakan pesawat Garuda GA5201, dan akan mendarat pada pukul 22.51 WITA.
Kepala Seksi (Kasi) Sistem Informasi Haji Kementerian Agama NTB, Sri Latifa Muslim menyampaikan, jumlah jamaah asal Lombok Tengah yang tiba sebanyak 454 orang. Terdiri dari jamaah laki laki 237 orang dan jamaah wanita 217 orang.
Tercatat lima jamaah haji embarkasi NTB meninggal dunia saat melaksanakan ibadah haji. Satu asal Lombok Tengah pada 19 Agutus lalu, atas nama Hirjan Manaqib meninggal di rumah sakit Saudi Arabia (RSAS) karena gejala Respiratory Diseases. Almarhum yang sesuai kode paspornya, B9859773 itu berasal dari Nyerot Desa Jonggat Lombok Tengah berusia 67 tahun. Almarhum langsung dimakamnya di Syara’e.
Sedangkan 11 orang lainnya mengalami sakit sedang dirawat di rumah sakit di Makkah dan Madinah. Data jamaah haji yang meninggal dunia saat melaksanakan haji adalah yakni Saodan Taalijaila asal Dusun Sigi RT 07 RW 02 Desa Pesa Bima di usia 70 tahun karena gejala Circulatory Diseases. Jamaah tersebut meninggal pada tanggal 16 Agustus di pemondokan dan langsung dimakamkan di Syara’e.
Selanjutnya jamaah atas nama M Tahir Ahmad Mahmud yang juga kloter lima Bima meninggal pada tanggal yang sama 16 Agustus, dengan alamat Melayu RT 06 RW 03 Lambu Bima di usia 58 tahun akibat gejala Respiratory Diseases. Sedangkan Siti Undian merupakan kloter Kabupaten Sumbawa dengan alamat Dusun Ninjang Atas 02/02 Ninjang Unter Iwes, Sumbawa pada usia 66 tahun di pemondokan. Ia meninggal karena gejala Cardiovascular Diseases. Terakhir atas nama Sadatun Sam Dong Dang merupakan kloter enam Sumbawa beralamat Dusun Simu RT 09 RW 04 Simu Sumbawa di usia 67 tahun akibat gejala endocrine, nutritional and metabolic diseases. “Semua jenazahnya sudah dimakamkan di Syar’e dan satunya di pemakanan Null. Jenazah tidak bisa dikembalikan jasadnya di kampung halamannya,” ujarnya.
Sri menambahkan jamaah haji, yang melaksanakan haji ibadah haji tahun ini sebanyak 4.510 orang. Kemudian ditambah petugas sebanyak 50 orang, sehingga berjumlah 4560 orang. Sememtara untuk gelombang kedua akan berangkat dari Madinah pada tanggal 30 Agustus.
Terpisah Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Tengah (Loteng), H Hariadi Iskandar mengatakan, setelah sampai di LIA, jamaah akan langsung dibawa ke asrama untuk mengikuti beberapa tahapan. Dimulai dari penyesuaian paspor, dan pemeriksaan kesehatan dengan scanning suhu tubuh menggunakan thermoscanner. Setelah itu mereka akan langsung disambut di kantor Bupati Loteng. “Mereka kemungkinan akan tiba di kantor Bupati sekitar pukul 01.00 tengah malam. Dan akan dijemput keluarganya di sana,” jelasnya.
Tahun ini, jumlah jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 740 orang. Sementara jamaah yang masuk kloter campuran 9, dan 10 masih menjalani ibadah haji di Makah. Direncanakan pulang pada pekan depan sesuai jadwal. (cr-jho/jay/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here