Beranda Praya Metro Di Pendem, Biaya Pelayanan Gratis…

Di Pendem, Biaya Pelayanan Gratis…

BERBAGI

JANAPRIA —Untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat, Pemdes Pendem menerapkan pembiayaan gratis pada semua jenis pelayanan. Terobosan ini dilakukan sejak beberapa tahun lalu.
Kades Pendem, H Zainudin menerangkan, gratis pembiayaan ini tidak hanya pada pelayanan administrasi kependudukan, akan tetapi juga berlaku untuk biaya pengurusan administrasi pertanahan. Seperti, surat jual beli, surat hibah, dan lainnya. “Ini salah satu langkah agar tidak membebani warga,” ujarnya.
Ditambahkan, apa yang diterapkan di desanya ini juga mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 01 tahun 2015 tentang Pelayanan Administrasi Masyarakat. Dengan tujuan, untuk menghindari persoalan yang bisa timbul dari adanya pembiayaan Pemdes. Sehingga ketika dirinya memutuskan untuk menerapkan hal tersebut, semua unsur Pemdes sepakat untuk diberlakukan. Oleh karena itu, sebagai upaya mendukung langkah ini, Pemdes juga melakukan penataan pada ruang pelayanan di kantor desa. Setiap kepala urusan maupun kepala seksi memiliki loket pelayanan masing-masing yang bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
“Ini sudah lama kita programkan, makanya kemarin ketika ada penghargaan inovasi desa se Lombok Tengah, kita dapat penghargaan kategori Desa Inovasi dengan pelayanan terbaik,” pungkasnya. (tar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here