Beranda Lombok Barat Tindak Lanjut LHP Terkendala Bencana

Tindak Lanjut LHP Terkendala Bencana

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA Dewanti Septiana Mutrika

LOBAR —Tindak lanjut temuan laporan hasil pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas sejumlah temuan, terus dilakukan Pemkab Lobar. Proses ini sempat tertunda akibat bencana gempa yang melanda Lobar beberapa pekan lalu.
Inspektur Inspektorat Lobar melalui Inspektur Pembantu (Irban) IV Inspektorat Lobar, Dewanti Septiana Mutrika mengatakan, berdasarkan LHP terdapat temuan di 30 organisasi perangkat daerah (OPD). Berupa temuan administrasi maupun kerugian negara.
Hanya saja, ia belum bisa menyampaikan sejauh mana progres tindaklanjut dari sejumlah OPD tersebut. Lantaran beberapa pekan lalu fokus dalam penanganan bencana gempa. “Saya belum update datanya, soalnya saya jadi koordinator penanganan bencana gempa. Belum diupdate sejauh mana progresnya,” kata wanita berjilbab ini saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, kemarin.
Sebelum bencana gempa, hampir seluruh OPD sudah menyelesaikan temuan administrasi. Namun untuk temuan negara, diakuinya membutuhkan waktu untuk menindaklanjutinya. “Sebelum gempa, banyak OPD sudah merespon sangat positif tindaklanjut LHP. Setelah adanya instruksi bupati agar segera menyelesaikan temuan tersebut. Progres penyelesaian temuan yang bersifat administrasi pun sangat bagus,” jelasnya.
Ditanya besaran tungkan kerugian negara, menurutnys, sejauh ini belum direkap. Termasuk sisa OPD yang belum menuntaskan kerugian negara. Namun ia tidak menampik jika temuan kerugian negara terbanyak berada di DPRD Lobar. Bahkan berasal dari seluruh anggota DPRD Lobar yang berjumlah 45 orang. Kalangan dewan sudah siap mencicil dari gaji tiap bulannya untuk pengembalian. “Sudah ada juga yang melunasi temuan itu,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here