Beranda Headline Lena-Leni Jadi Atlet Kebanggaan Bangsa

Lena-Leni Jadi Atlet Kebanggaan Bangsa

BERBAGI
Lena-Leni saat berfoto bersama dengan Asisten Pelatih, Abdul Gani usai menjalani latihan di GOR Dempo JSC Palembang (Alwi Alim/JawaPos.com)

JAKARTA – Perjuangan Lena-Leni atlet sepaktakraw Indonesia patut diacungi jempol. Pasalnya, untuk melanjutkan jenjang sekolahnya, si Kembar ini rela melakukan segala upaya hingga akhirnya menjadi atlet kebanggaan Indonesia.
Diceritakan Lena, bahwa dirinya berasal dari keluarga yang tidak mampu. Dimana ayahnya Sartina hanya berprofesi sebagai buruh tani, sedangkan ibunya Soniah hanya ibu rumah tangga, sehingga usai Sekolah Menengah Pertama (SMP), ia dan saudari kembarnya tersebut terancam putus sekolah pada 16 tahun lalu.
Untuk melanjutkan jenjang tersebut, ia pun berupaya untuk mencari beasiswa dan akhirnya tertarik untuk menggeluti olahraga sepaktakraw. “Kami tidak terpikir untuk menjadi atlet seperti saat ini, karena kami hanya ingin mendapatkan beasiswa agar dapat melanjutkan SMA,” katanya saat ditemui JawaPos.com, Minggu (26/8).
Gadis kelahiran Juli 1989 ini mengaku, ketertarikan mereka dalam sepaktakraw pun akhirnya diketahui orangtuanya. Mereka pun dimarahi, mereka tidak mendapat dukungan orang tua untuk menggeluti sepaktakraw. Lantaran, orangtuanya lebih menyuruh untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW).
Mereka pun menolak keinginan orangtuanya tersebut dan tetap nekat untuk menjadi pesepaktakraw. “Jadi selama menggeluti sepaktakraw kami membeli perlengkapan latihan seperti sepatu dengan menjadi buruh dan lain sebagainya,” terangnya.
Hingga akhirnya pada 12 tahun silam, ia dan saudari kembarnya pun diminta untuk menjadi atlet pesepaktakraw. Dan akhirnya, mereka bisa mendapatkan sejumlah prestasi seperti pada saat Sea Games. Dimana mereka mendapatkan medali perak, serta Asian Games sebelumnya mendapatkan perunggu dan banyak laginya prestasi lainnya.
“Kami terus memotivasi diri kami sendiri, jadi meskipun kami memiliki keterbatasan kami terus semangat,” tutupnya.
Sementara itu, Asisten Pelatih Timnas Sepaktakraw Indonesia, Abdul Gani mengatakan, jika baru bertemu si kembar pesepaktakraw ini pada tahun 2017 lalu. Dirinya dipercaya untuk membantu timnas putri dalam setiap pertandingannya.
“Mereka ini orangnya rajin, taat dalam beragama dan memiliki dedikasi yang tinggi untuk meningkatkan kualitasnya,” kata Abdul Gani.
Ia menambahkan, Lena – Leni ini juga sosok yang mampu mengayomi para pemain lainnya. Terutama dibawahnya, baik dalam latihan maupun dalam bertanding. Karena itu, Menurutnya, sosok si Kembar patut dicontoh karena selain memiliki prestasi, Lena – Leni juga memiliki tata krama yang baik.
“Jadi walaupun mereka berprestasi tapi tata kramanya tetap dijaga dan itu sangat penting,” tutupnya.
(lim/JPC)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here