Beranda Praya Metro Kemarau Panjang, Peternak Puyeng Cari Pakan

Kemarau Panjang, Peternak Puyeng Cari Pakan

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA TERNAK: Sejumlah sapi milik warga di Desa Mangkung.

PRABAR —Kemarau panjang yang terjadi di Kabupaten Lombok Tengah, tidak hanya menyebabkan kekeringan dan kekurangan air bersih saja. Namun para petani yang memilik hewan ternak, khususnya jenis sapi dan kambing juga klimpungan, karena sampai saat ini pasokan pakan ternak sudah mulai menipis.
Kelangkaan pakan hewan ternak tersebut, hampir terjadi di seluruh kecamatan dan desa yang ada di Lombok Tengah. Kini, para petani dan peternak yang tidak mempunyai uang cukup untuk membeli pakan hewan ternak, terpaksa mencari pohon turi dan rumput gajah untuk dijadikan pakan ternak.
“Praktis para petani, termasuk yang memiliki hewan ternak tidak bisa berbuat apa-apa selama kemarau ini. Kini, malah mereka sibuk dengan mencari pakan ternak yang mulai langka,” ujar Kades Mangkung, Lalu Samsul Rijal.
Kata Samsul, para petani yang mempunyai hewan ternak seperti sapi dan kambing, banyak yang memilih dan mencari pakan alternatif. Sebab, untuk mencari rumput segar dan layak sudah sangat langka. Ia berharap ada suatu kebijakan atau terobosan dari pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang terjadi setiap tahun ini. (fiz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here