Beranda Lombok Barat Dukcapil Pindah Pelayanan ke Halaman

Dukcapil Pindah Pelayanan ke Halaman

BERBAGI
WINDY DHARMA/RADAR MANDALIKA PELAYANAN: Kondisi pelayanan kependudukan di halaman belakang Kantor Dukcapil Lobar, kemarin.

LOBAR —Pascagempa, pelayanan di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dipindahkan dari dalam gedung. Lantaran rasa trauma para pegawai akan terjadinya kembali gempa susulan.
Berdasarkan pantauan, pelayanan kependudukan dipindahkan ke halaman belakang kantor Dukcapil Lobar. Didirikan terop sebagai kantor pelayanan sementara bagi masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan. “Pegawai Dukcapil trauma, dihantui ketakutan jika melakukan pelayanan di dalam (kantor). Dari pada tidak tenang, kita ambil inisiatif pelayanan di luar saja,” ujar Kepala Dukcapil Lobar, H Muridun yang ditemui, kemarin.
Menurutnya, jika dipaksakan pelayanan di dalam kantor justru tidak akan maksimal. Bahkan dari pengalaman sebelumnya saat terjadi gempa, para pegawai dan masyarakat berebutan berusaha keluar dari gedung kantor Dukcapil. “Mudah-mudahan kalau gempa sudah berhenti dan tenang, kita masuk kembali,” jelasnya.
Sejauh ini, kondisi kantor Dukcapil tidak mengalami kerusakan berarti. Hanya sebagian gentengnya pecah. Muridun belum bisa menentukan sampai kapan pelayanan dilakukan di luar gedung. “Kita lihat sambil jalan sikonnya,” ucapnya.
Diakui, gempa telah mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Sebagai solusi, pelayanan dipindahkan ke luar gedung agar kembali normal. Muridun bersama jajarannya tetap berkomitmen memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat yang mengurus dokumen kependudukan. “Kita sudah berkomitmen mempercepat pelayanan kependudukan secara maksimal,” pungkasnya. (win/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here