Beranda Praya Metro Diperintah Presiden, Polisi Awasi Penyaluran Bantuan

Diperintah Presiden, Polisi Awasi Penyaluran Bantuan

BERBAGI

PRAYA — Pihak kepolisian Polres Lombok Tengah (Loteng) akan mengawasi ketat penyaluran dana bantuan dari pemerintah pusat, untuk korban gempa bumi. Langkah ini dilakukan untuk menghindari penyelewengan.

Kasat Reskrim Polres Loteng, AKP Rafles P Girsang menyampaikan, pihaknya diperintahkan langsung oleh Presiden melalui Kapolri untuk melakukan pengawalan ketat terhadap bantuan bagi perbaikan rumah rusak akibat gempa tersebut. Karena, dalam penyaluran bantuan pastinya sangat rentan terjadi korupsi hingga penggelapan oleh oknum tidak bertanggung jawab.
“Kami akan awasi. Kalau ada yang main-main, saya perintahkan tangkap aja,” tegasnya di ruang kerja, kemarin.
Refleks mengungkapkan, jumlah bantuan untuk korban gempa itu terbilang sangat besar. Untuk rumah yang dinilai kondisinya rusak berat Rp 50 juta. Dan bagi rumah yang rusak ringan sekitar Rp 25 juta. Sedangkan jumlah rumah rusak berat di wilayah Loteng 1.600 unit. Belum lagi rumah yang rusak ringan.
“Cobak bayangkan saja jumlah rumah yang rusak itu. Pastinya bantuan juga bisa dibayangkan akan sangat banyak oleh warga,” ujarnya.
Untuk memberikan pengawasan bantuan itu, pihaknya juga sudah mempunyai jumlah rumah yang rusak, bahkan pihaknya akan mengkroscek langsung kepada penerima bantuan nantinya. Oleh karena itu, sebagai aparat tentu meminta agar dana bantuan korban gempa yang mengalir melalui pemerintah pusat dan daerah dapat dikelola dengan transparan dan akuntabel.

“Saya minta agar bantuan ini dikelola dengan manajemen,” pintanya.
Ia menegaskan, dana bantuan yang mengalir dari berbagai pihak serta negara itu merupakan hak korban gempa. Untuk itu, pihaknya mengarapkan selain aparat, semua elemen termasuk masyarakat juga ikut memantau. Pasalnya sangat kasihan jika warga yang berhak mendapatkan bantuan malah tidak dapat.
“Kasian mereka sudah sangat menderita karena hilang rumah lagi ada oknum nantinya yang akan bermain,” katanya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here