Beranda Praya Metro Minta Kades Buat Perdes TKI

Minta Kades Buat Perdes TKI

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA H Masrun

PRAYA — Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lombok Tengah (Loteng), H Masrun meminta Kepala Desa (Kades) untuk ikut mengawasi para tekong ‘nakal’ dengan membuat Peraturan Desa (Perdes) untuk melindungi para calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI).
Masrun menyampaikan, hal itu sangat perlu dilakukan kendati pada intinya bahwa nantinya Regulasi yang dibuat oleh desa harus disesuaikan juga dengan regulasi yang ada di atasnya, tertutama Peraturan Daerah (Perda) yang menjadi pedoman pihaknya dalam menangani persoalan TKI. Dimana Perdes tersebut, nantinya sebagai acuan Kades untuk menelusuri identitas lengkap dari jasa penyalur tenaga kerja luar negeri yang diklaim-kalim oleh tekong atau sponsor.
Dia menjelaskan, adanya regulasi yang mengatur ditingkat desa, maka pihak desa bisa melihat jika sudah resmi maka baru Kades bisa memberikan rekomendasi kepada calon TKI yang akan berangkat. Bahkan kedepan diharapkan agar keberadaan dan gerak gerik dari para tekong-tekong ini juga harus diawasi. Agar tidak menjadi bencana bagi warga yang menjadi calon TKI di kemudian hari.

“Ini harus menjadi tenggung jawab kita bersama,” jelasnnya H Masrun, Jumat lalu.
Ia mengaku, keberadaan para tekong yang tersebar saat ini jangan sampai luput dari pengawasan dan sepengetahuan pejabat di desa. Karena bagaimanapun, segala persoalan yang terjadi di desa harus menjadi perhatian bersama. Hanya saja memang, diketahui selama ini yang menjadi alasan sejumlah masyarakat memilih berangkat melalui jalur illegal karena faktor ekonomi dan sedikit tidak menghiraukan danpak dan bahaya yang bakal terjadi di tempat kerjanya.
“Jika desa ingin mengetahui secara jelas data dari perusahaan yang bakal memberangkatkan warganya, itu bisa ditanyakan di kantor,” pesannya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here