Beranda Praya Metro 83 Kelompok Nelayan Aktif

83 Kelompok Nelayan Aktif

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA M Kamrin

PRAYA — Pihak Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Lombok Tengah (Loteng) terus melakukan revitalisai terhadap kelompok nelayan. Hal tersebut dilakukan sesuai dengan instruksi bupati untuk mengetahui mana saja wilayah yang memiliki kelompok dan pengurus jelas. Sehingga nantinya jika ada bantuan, pemerintah bisa memberikanya.

Kepala Dislutkan Loteng, M Kamrin mengatakan, dari data tercatat jumlah kelompok nelayan yang aktif mencapai 83 kelompok dengan jumlah anggota mencapai 830 orang.
“Ini penting untuk keberadaan mereka sendiri,” katanya Jumat, lalu.
Untuk mendata kelompok tersebut, Kamrin sudah turun melakukan pengecekan kepada kelompok nelayan. Dari hasil pantauan yang sudah dilakukan, masih belum ditemukan adanya kelompok yang pengurusnya sudah tidak aktif lagi.
“Jika ditemukan ada kelompok yang pengurusnya tidak jelas, maka kelompok itulah yang nantinya akan kita revitalisasi,” ancamnya.
Selain itu, Kamrin juga mengaku pihaknya turun kelapangan untuk bagaimana kemudian melakukan pendataan kepada kelompok nelayan yang baru. Terlebih saat ini, tingkat kesadaran masyarakat untuk membuat kelompok dirasa sangat tinggi dibandingkan dengan sebelumnya. “Maka nantinya jika ada kelompok baru maka kita akan masukan dalam kategori kelompok pemula,” tuturnya.
Apalagi, Pemda sendiri sudah banyak mendistribusikan bantuan kepada para nelayan, mulai dari bantuan kapal hingga bantuan berupa dana untuk budidaya rumput laut, dan budidaya ikan bawel bintang maupun bandeng.
“Itu semua tidak terlepas dari kepedulian pemerintah kepada nelayan,” jelasnya.
Kamrin mengaku, untuk kelompok yang paling banyak tersebar di Kuta hingga Awang. Dan selama ini, sudah banyak mendapatkan bantuan kapal. Dimana sebelumnya mendapat sembilan kapal karet dan selanjutnya kembali mendapatkan sembilan kapal sehingga berjumlah ada 18 kapal yang diterima oleh kelompok nelayan yang berada di Lombok Tengah.
“Yang jelas saat ini pemerintah sangat serius untuk melakukan pembinaan,” tegasnya. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here