Beranda Praya Metro Lima Puskesmas Rusak Berat

Lima Puskesmas Rusak Berat

BERBAGI
JAYADI/RADAR MANDALIKA TAKUT: Petugas TNI AD saat mendirikan tenda di halaman Puskesmas Praya, beberapa waktu yang lalu.

PRAYA — Dampak gempa bumi yang mengguncang NTB, mengakibatkan lima Puskesmas di Loteng rusak berat. Puskesmas Tanak Beak, Mantang, Tratak, Aik Darek, dan Puskesmas Muncan. Sementara Puskesmas lainnya mengalami rusak ringan.
“18 Puskesmas itu rata-rata ada kerusakan, karena mengalami keretakan dinding, ubin lepas dan plafon lepas,” terang Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Loteng, H Omdah, kemarin.
Omdah mengaku, tidak bisa menyebutkan yang detail, namun dipastikan ada lima puskesmas kondisi rusak berat. “Tidak ada puskesmas yang gedungnya roboh,” tegasnya.
Omdah menegaskan, dari hasil assessment tersebut, semua gedung puskesmas itu dinyatakan memiliki konstruksi masih aman dan hanya membutuhkan perbaikan pada bagian-bagian yang rusak. Namun untuk mengatasipasi gempa susulan terjadi, semua pelayanan kesehatan di Puskesmas dilakukan di luar gedung dengan menggunakan tenda.
“Para tim medis dan masyarakat juga tidak berani dilayani di dalam ruangan,” ungkapnya.
Omdah mengungkapkan, pelayanan kesehatan di tenda darurat setiap puskesmas itu akan dilakukan hingga kondisi daerah benar-benar aman dari bencana gempa bumi. Sebab, pihaknya tidak ingin mengambil resiko. (jay/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here