Beranda Headline Stop Perdebatkan Status Bencana Lombok

Stop Perdebatkan Status Bencana Lombok

BERBAGI

MATARAM – Bencana gempa bumi yang melanda Pulau Lombok, hingga terjadi hampir ribuan kali gempa susulan mengundang keprihatinan dan rasa kekhawatiran warga terdampak. Namun penanganan status bencana Lombok, belum bisa berstatus bencana nasional. Atas kebijakan ini banyak kalangan mempertanyakan.
“Tak perlu dipersoalkan lagi lah, masalah status ini, yang pasti pemerintah pusat aktif dalam melakukan penanganan,” kata Menteri Sosial Idrus Marham di Lombok Utara belum lama ini.
Pemerintah pusat, jelasnya tentu telah memikirkan langkah terbaik dalam penanganan bencana gempa bumi di pulau Lombok tersebut. Seluruh kebutuhan dari tanggap darurat hingga pada tahapan pemulihan, pemerintah pusat tetap memback up. Sehingga tidak ada yang menurutnya perlu untuk dikhawatirkan.
Persoalan status bencana nasional banyak pertimbangannya. Salah satunya paling utama dengan melihat pemerintahan didaerah itu sendiri. Jika pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota tidak bisa berjalan alias lumpuh total, baru bisa ditetapkan menjadi bencana nasional.
Sementara dalam kasus bencana Lombok, Idrus melihat pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten setempat masih aktif dalam melaksanakan roda pemerintahan. Begiti juga Pangdam Udayana, dan Danrem ada yang masih membantu saat ini. “Kepentingan kita bagaimana bisa mengatasi persoalan bencana ini secara maksimal. Itu saja,” tegasnya.
Apakah ada kekhawatiran pemerintah akan terjadinya dampak kunjungan wisatawan? Idrus menampiknya. Alasan yang tepat adalah karena roda pemerintahan di wilayah itu masih aktif. (cr-dhe/r3)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here