Beranda Headline Sohibul Iman: Gempa Lombok Layak Jadi Bencana Nasional

Sohibul Iman: Gempa Lombok Layak Jadi Bencana Nasional

BERBAGI
LALU HABIB FADLI/RADAR MANDALIKA KUNJUNGAN: Presiden PKS, Sohibul Iman saat menyambangi korban gempa di Desa Dangiang Kecamatan Kayangan, belum lama ini.

KLU —Berbagai kalangan mendesak agar pemerintah menetapkan status bencana nasional pada peristiwa gempa bumi di Lombok. Sejak terjadi guncangan besar pada Minggu (5/8), gempa telah menelan hampir 500 korban jiwa.
Presiden PKS, Sohibul Iman sendiri sangat menyayangkan pemerintah pusat yang belum menaikkan status bencana nasional di Lombok. Sebab jika melihat dari eskalasi korban, banyaknya korban, luasnya daerah dan kemudian kondisi masyarakat, jelas memenuhi kriteria untuk dijadikan sebagai bencana nasional.
“Kalau hanya andalkan NGO, ya gak bakalan bisa. Ini harus status bencana nasional,” ujarnya Sohibul Iman saat mengunjungi Desa Dangiang, Kecamatan Kayangan belum lama ini.
Bahkan lanjut dia, gubernur NTB yang lama maupun terpilih sudah menyampaikan agar sebaiknya segera ditentukan Lombok sebagai daerah bencana nasional. Ia juga tidak setuju alasan yang menyebutkan bahwa penetapan status bencana nasional akan berdampak pada sektor pariwisata. Menurutnya, kalau Presiden segera memutuskan ini sebagai bencana nasional, justru para turis akan semakin apresiatif dengan Indonesia. Mereka melihat Indonesia betul-betul aman, damai, hidup rukun sehingga terjadilah sebuah empati yang begitu luar biasa. Tidak menutup kemungkinan mereka malah semakin jatuh cinta dengan Indonesia sekaligus membawa bantuan untuk warga terdampak gempa di Lombok.
“Tapi ya paling tidak, pemerintah sediakan anggaran khusus meski bukan masuk bencana nasional,” pungkasnya. (abi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here