Beranda Headline Rumah Rusak Berat di KLU 6.113 Unit

Rumah Rusak Berat di KLU 6.113 Unit

BERBAGI
JHONI SUTANGGA/RADAR MANDALIKA AMBRUK: Salah satu rumah warga di KLU dalam kondisi miring, sementara di sampingnya ambruk.

KLU – Bencana gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Lombok Utara mengakibatkan 6.113 unit rumah warga rusak berat. Bahkan ini data sementara, sebab pendataan sampai dengan saat ini masih berlangsung dilakukan tim.
”Pada tahap verifikasi yang ketujuh kemarin, rumah rusak berat kembali bertambah dari awalnya hanya 4.221 menjadi 6.113,” terang Asisten II Setda KLU, Hermanto pada wartawan.
Pria yang juga ketua tim verifikasi menyampaikan, pihaknya terus laporan angka rumah rusak berat ini, untuk memprioritaskan penerbitan SK bagi rumah rusak berat kedepan, sedangkan untuk rumah rusak ringan dan rusak sedang SK Bupati akan menyusul dikemudian harinya. Kebijakan ini, diambil karena kondisi rumah kategori rusak sedang atau ringan bisa saja berubah kondisinya mengingat potensi gempa susulan yang masih dirasakan di Lombok Utara.
”Mudahan bencana ini segera berakhir,” harapnya.
Sebagai upaya untuk mengkaji kondisi rumah masyarakat apakah masuk kategori sedang, ringan dan berat. Proses penilaian tersebut dilakukan dengan melibatkan tim tekhnis yang didatangkan dari Akademisi Unram dan UGM juga unsure pemerintah setempat. Dalam proses penilaian ada instrumen penilaian yang telah disusun berdasarkan Permen yang diterbitkan PUPR. Dalam penilaian tersebut melihat dari keretakan tembok, kondisi lantai, keretakan tiang beton dan beberapa penilaian lainnya yang dicantumkan.
“Untuk hasil penilaian di bawah 30 masuk dalam kategori rusak ringan, di atas 30 hingga 70 rusak sedang, dan di atas 70 hingga 100 masuk dalam penilain rusak berat,” jelas dia. (cr-dhe/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here