Beranda Praya Metro Keberadaan Gendang Belek Milik Polres Lombok Tengah

Keberadaan Gendang Belek Milik Polres Lombok Tengah

BERBAGI
IST/RADAR MANDALIKA GENDANG BELEK: Group Gendeng Belek Polres Loteng sedang latihan, beberapa waktu yang lalu.

Pemainnya Anggota, Tampil Beda dengan Polres Lainnya

Polres Lombok Tengah (Loteng) juga punya group atau kelompok gendang belek. Pemainnya, personel Polres setempat. Bahkan sampai sekarang gendang belek ini selalu eksis. Seperti apa?
JAYADI-PRAYA

GENDENG belek merupakan alat musik tradisional milik warga Sasak atau Lombok. Keberadaan gendang belek pun sudah berhasil memikat warga untuk menjadi bagian dari personel gendang belek tersebut. mulai dari anak-anak, hingga sekarang anggota Polres Loteng pun beberapa tahun lalu telah membentuk group gendang belek itu.
Gedang belek milik Polres ini jarang digunakan untuk di even pada umumnya, apa lagi dilombakan. Gendang belek ini, hanya digunakan saat menyambut tamu yang berkunjung ke Polres. Misalnya, kunjungan Kapolda sampai petinggi dari Mabes Polri.
Sebelum berani tampil, personel gendang belek ini dilatih oleh pemain andal gendang belek di Loteng. Hasilnya, kini gendang belek milik Polres telah berani tampil.
“Saya tidak menyangka hanya dengan berlatih kami bisa menyajikan hiburan yang berbeda dari Polres lainnya, dan sangat lancar dan hampir tanpa kendala,” kata Kapolres Loteng, AKBP Kholilur Rochman, belum lama ini.
Sebenarnya keberadaan gendang belek tujuannya untuk ikut melestarikan budaya sekaligus menunjukkan icon pembeda dengan Polres lainnya. Kapolres menuturkan, budaya gendeng belek ini sangat bagus. Kenapa tidak kita lestarikan, atau sebagai penarik dalam objek pariwisata di Loteng.
“Saya berkeinginan sekali-kali mengadakan lomba gendang belek bersama wartawan,” ujarnya. (*/r1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here